Jagad Maritim Sumatera
14 February 2014 Leave a comment
Oleh: Farida R Wargadalem
———————————————————–
Ketika Indonesia lampau bernama Nusantara, bangsa ini dekenal sebagai bangsa maritim. Masyarakat maritim ditandai dengan masyarakat yang terbuka, kosmopolitan, dan berwawasan mancanegara, outword looking.
• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Palembang yang dibangun wangsa Sriwijaya merupakan kantong peradaban maritim. Puluhan sungai yang terhubung dengan Sungai Musi yang berada di sekitar menjadi urat nadi dalam jalur maritim. Banyaknya sungai, baik yang ada di pusat kota (Kota Dua Puluh Sungai) maupun di
uluan (dikenal dengan nama Batanghari Sembilan). Pedagang Tionghoa, Arab, India, dan Persia, ditambah lagi pedagang-pedagang lokal dari berbagai wilayah Nusantara yang datang ke Palembang untuk barter bermacam komoditi semakin menjulangkan Palembang.
Posisi yang sangat strategis dan memiliki berbagai komoditi yang laku di pasar dunia, menempatkan Palembang menjadi kawasan yang sangat diperhitungkan dalam percaturan dunia. Prasasti-prasasti Sriwijaya dan Berita Cina abad ke 7-10 dengan sangat jelas menggambarkan keberadaan kerajaan ini yang sangat aktif dalam bidang politik dan perdagangan, sekaligus pusat keagamaan Asia Tenggara. kondisi itu terus berlangsung, meskipun perannya mengalami kemunduran sejak abad 11. meski demikian, nama San-fo-tsi (Palembang) tetap tercatat dalam berita Cina (Chu-fan-Chi) tahun 1225, dan pada 1397 di duduki Jawa (Majapahit). Pendudukan secara tidak langsung, ditambah gonjang-ganjing di pusat pemerintahan, membuka peluang masuknya para bajak laut (lanun) memainkan perannya di daerah ini. Posisi inilah yang membawa Laksamana Cheng-Ho memasuki Palembang. Dari tujuh kali pelayaran (1405-1433), sebanyak empat kali Cheng-Ho singgah di Palembang.
Dari jumlah tersebut menunjukkan bahwa Palembang memiliki posisi penting di mata Cheng-Ho, apalagi salah satu missinya adalah menangkap lanun Ch’en Zuyi untuk dibawa dan dihukum di Nan-jing Cina. Pelayaran raksasa melibatkan 62 kapal kapal besar, dan lebih dari 200 kapal kecil, dengan 27.600 awaknya. Palembang yang secara hukum berada di bawah dominasi Majapahit, namun faktanya di bawah kendali para lanun dan menjadi salah satu persinggahan penting dari lawatan Cheng-Ho. Semua itu membuktikan bandar Palembang tetap merupakan salah satu bandar penting dan potensial di Nusantara.
Selain Palembang, peradaban maritim yang berjaya adalah Jambi (Melayu). Keberadaannya sudah terdeteksi dalam berita Cina sejak 644/645. Namun, sejak 685 Jambi sudah menjadi bagian dari Sriwijaya. Dengan demikian, berarti keberadaan Melayu merupakan salah satu dari bandar Sriwijaya, yang berfungsi menguasai jalur lalu lintas Selat Malaka. Kemajuan Kerajaan maritim Sriwijaya juga bermakna kemajuan Jambi. Penguasaan tersebut juga menempatkan Jambi sebagai bandar maritim penting di Nusantara. Hal itu diperkuat dengan adanya bukti tinggalan kompleks percandian yang terdapat di Muaro Jambi dengan luas 3.100 hektare. Menurut Profesor Masanori Nagaoka dari Programme Specialist for Culture UNESCO berpotensi menjad “warisan dunia.”
Selain Palembang, Jambi, dan Padang, Barus adalah kota dagang yang terkenal di penjuru dunia di masa jayanya. Barus yang sekarang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, berembang menjadi kota dagang karena denyut kehidupannya berasal dari perdagangan maritim. Kapal-kapal dari berbagai kawasan keluar masuk mengangkut barang dagangan dari Barus ke pelabuhan lain. Produk lokal yang sangat termasyur dari Barus adalah kapur barus dan kemenyan. Kapur barus dipasarkan sampai ke Timur Tengah. Orang Tionghoa, India, dan Jawa adalah pedagang yang selalu mengunjungi daerah ini untuk mencari emas, sutera, damar, dan madu. Mata uang emas dan perak lazim dijumpai di kawasan ini. Emas dari Sumatera, terutama Barus menjadi salah satu barang dagangan yang sangat dikenal luas di mancanegara. Bahkan seringnya mengunjungi Lang po lusi (Barus), orang India mempunyai permukiman sendiri di kota tua ini.
Setelah keruntuhan Palembang, Jambi, Padang, dan Barus sebagai kantong peradaban maritim, tidak pernah terdengar lagi kebesarannya sebagai kota maritim. Palembang yang dikenal sebagai Venice of the East, yang termasyur dengan kemaritimannya di masa lalu, kini tinggal kenangan, begitu pula dengan Jambi. Padang yang dikenal sebagai kota dagang yang waktu itu banyak berdiri maskapai pelayaran asing di kota itu, sekarang ini tidak lagi menyisakan kebesaran masa lalunya sebagai sumbu peradaban maritim. Barus yang dimasa keemasannya bermukim berbagai bangsa yang menghasilkan percampuran budaya dan menjadi kota kosmopolitan, kini hanya tinggal kenangan dalam ingatan publik. Ironinya kota tua yang semakin tidak terawat dan semakin terlewatkan dalam aktivitas kemaritiman, malah karena miskinnya pengetahuan sejarah tentang Barus, tidak banyak yang mengetahui letak kota pelabuhan tua ini.
Dengan demikian warsan peradaban maritim yang memproduksi persilangan budaya diabaikan. Padahal warisan tradisi maritim yang bertumpu pada persilangan budaya atau hibriditas budaya menjadi modal sosial masyarakat maritim. Terabaikannya modal sosial peradaban maritim merupakan pertanda lemahnya ketahanan nasional. Hal ini terlihat dari menurunnya spirit menghargai pluralitas budaya yang belakangan ini semakin meredup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Padahal dengan menghidupkan kembali spirit peradaban maritim dengan memanfaatkan sumber daya laut dapat memperkuat identitas bangsa. (*)
• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Budi Agustono, Sekretaris Prodi Magister Sejarah, Fakulta Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.
Recent Comments