Anggota DPRD Sumsel: Makam Raja Palembang Memprihatinkan


Anggota DPRD Sumsel: Makam Raja Palembang Memprihatinkan
Pengelola Makam Candi Walang, RA Syarifudin (kanan) sedang ngobrol bersama peziarah persis di depan makam Pangeran Hindi. (sripoku.com/Yandi Triansyah)

PALEMBANG — Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel berziarah ke makam raja Palembang di kawasan Pasar Cinde, Palembang, Sabtu (30/1).

Di area pemakaman yang populer disebut “Candi Walang” ini mereka mendapati makam-makam bersejarah yang memprihatinkan. Kumuh dan tidak tampak seperti ada makam raja yang banyak berjasa.

“Sebagai masyarakat Palembang, mestinya kita harus berterima kasih dengan para raja terdahulu. Karena mereka kita bisa hidup layak seperti saat ini. Semua ini tidak terlepas dari perjuangan mereka,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Sumsel, Ramlan Holdan yang turut berziarah bersama rombongan.

Menurut Ramlan, jelas sekali komplek pemakaman tersebut tidak dirawat secara serius. Suasana di sekitar pemakaman juga tidak mendukung nilai sejarahnya. Terdapat sejumlah bengkel yang tidak tertata rapi.

“Kalau sudah begini bukan tidak mungkin generasi kita mendatang tidak akan mengenal lagi adanya makam raja palembang ini, apalagi tahu sejarahnya,” katanya.

Menurut dia, pihaknya akan memanggil dan mendesak pemerintah kota Palembang untuk membenahi aset tersebut. Ia yakin, jika dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu alternatif wisata sejarah.

“Perlu ditata kembali, termasuk bengkel-bengkel di sekitar makam,” katanya.

Sumber: Sripoku.com | Sabtu, 30 Januari 2016

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: