Krisis Air, Warga Gunakan Kubangan


Krisis Air, Warga Gunakan Kubangan
Kubangan: Di musim kemarau saat ini, warga Desa Simpang Solar terpaksa mengambil air dari tempat minum ternak dan hewan liar. Ini dilakukan akibat sumur-sumur warga mulai mengering.

* * * * * * * * * * * * * * *

PALI – Berkepanjangannya musim kemarau sejak tiga bulan terakhir ini membuat sebagian warga Desa Simpang Solar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Panungkal Abab Lematang Ilir (PALI) muali mengalami krisis air bersih. Tak ayal, untuk memenuhi hal tersebut, air kubangan tempat hewan ternak minum pun terpaksa dimanfaatkan.

Nurhayati, salah satu warga Desa Simpang Solar mengatakan, bahwa dirinya sudah hampir satu bulan terakhir ini mengambil sisa-sisa air yang berada di aliran sungai di desanya. Air itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan mencuci pakaian, perabot rumah tangga, dan mandi keluarganya.

“Kami terpaksa ambil air di aliran sungai ini. Kalau musim penghujan, di sungai ini pasti penuh airnya. Kalau sekarang, air ini tempat minum ternak dan hewan liar. Berhubung sumur-sumur kami mengalami kekeringan. Sangat terpaksa kami harus mengambil air di sini,” ujarnya, kemarin (6/9).

Sementara, Kepala Desa Simpang Solar, Anwar Junas berharap adanya solusi yang cepat dikeluarkan Pemerintah Kabupaten PALI dalam waktu dekat untuk mengatasi krisis air bersih yang dialami warganya sejak tiga bulan terakhir ini. Setidaknya hingga musim hujan mendatang.

Ia mengaku tidak bisa melarang warga untuk mengambil air itu meskipun kesehatan mereka terancam. “Untuk itu, kami sama-sama berharap kepada pemerintah agar secepat mengkin memikirkan permasalahan di desa ini. Terutama, bisa menyuplaikan air bersih secara gratis ke warga, hingga warga tidak lagi mengalami krisis air bersih,’ harapnya. (ebi/lia/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 7 September 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: