Satlinmas Kota Palembang Siap Wujudkan Palembang Aman dan Kondusif


Satlinmas Kota Palembang Siap Wujudkan Palembang Aman dan Kondusif Sebanyak 1.800 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Palembang resmi dilantik. Bertempat di Gedung Sriwijaya promotion Center pelantikan berlangsung khidmat, dihadiri (Plt) Wali Kota, Direktur Satpol PP Kemendagri, jajaran FKPD dan SKPD Kota Palembang, Senin (24/8).

Dalam sambutnya, (Plt) Wali Kota H Harnojoyo mengatakan bahwa anggota Satlinmas yang baru dilantik harus memposisikan dirinya sebagai sahabat masyarakat. “Tugas Satlinmas tidaklah mudah, karena keamanan di setiap wilayahnya menjadi tanggung jawabnya, oleh karena itu Satlinmas harus senantiasa dekat dengan masyarakat, memberikan rasa aman pada masyarakat,” terang Harnojoyo.

Harnojoyo menambahkan, Palembang merupakan kota yang sering mengadakan event-event internasional. Seperti Asean Games tahun 2018 nanti, peran Satlinmas sangat dibutuhkan. “Kita ketahui Palembang ini kota yang senantiasa dipercaya untuk event-event internasional, oleh karena itu peran Satlinmas sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di Kota ini, mari kita bekerja maksimal demi terwujudnya Palembang yang aman dan kondusif,” tambah Harnojoyo.

Sementara itu, Direktur Satpol PP dan Linmas, Ir Asadullah MM mengungkapkan, pihaknya akan selalu memberikan pembinaan kepada anggota Satlinmas. “Kita akan terus lakukan pembinaan, baik dari segi sarana prasarana maupun dari segi keterampilan,” terang Asadullah.

Lebih lanjut, Asadullah menjelaskan kebutuhan Satlinmas di wilayah Indonesia ini secara ideal Satlinmas dalam satu RT minimal satu orang anggota Satlinmas. Jadi seluruh Indonesia berjumlah empat juta lebih. “Kalau dulu kita kenal Hansip, sekarang berubah menjadi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Satlinmas ini akan selalu perhatikan kesejahteraannya, akan kita tingkatkan peraturannya dari Kemendagri menjadi Keppres dan seterusnya demi kebaikan dari Satlinmas itu sendiri,” pungkas Asadullah.

Anggota Satlinmas yang dilantik merupakan anggota Satlinmas yang berasal dari 16 kecamatan dan 107 kelurahan, jumlah seluruhnya 1.800 orang dan ditambah 200 orang Satlinmas yang lama, jadi saat ini di Kota Palembang terdapat 2.000 Satlinmas yang siap bertugas.

Anggota Satlinams tersebut dilantik oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palembang, Tatang Duka. Di akhir acara, anggota Satlinmas diberi pengarahan langsung oleh Kapolresta Palembang dan Dandim 0418 Kota Palembang, sebagai bekal mereka bertugas nanti. Dalam pengarahannya, baik Kapolresta maupun Dandim 0418 menyampaikan peran dan tugas dari Satlinmas. Hal yang paling dasar yang harus dimiliki anggota Satlinmas adalah jiwa nasionalisme, patriotisme, dan rasa tanggung jawab. Jika anggota Satlinmas sudah memiliki criteria tersebut, maka tugas Satlinmas akan berjalan dengan baik dan Palembang yang aman dan kondusif segera terwujud. (adv)

Satlinmas Kota Palembang Siap Wujudkan Palembang Aman dan Kondusif

Satlinmas Kota Palembang Siap Wujudkan Palembang Aman dan Kondusif

Satlinmas Kota Palembang Siap Wujudkan Palembang Aman dan Kondusif

Sumatera Ekspres, Selasa, 25 Agustus 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: