Pertaruhkan Nyawa Angkut Panen


Akses Jalan Licin dan Menurun

Pertaruhkan Nyawa Angkut Panen
Swadaya:Tak adanya respons dari pemerintah membuat warga secara swadaya memperbaiki akses jalan pertanian di Talang Padang Alai.

* * * * * * * * * * * * * * *

PAGARALAM – Ratusan petani di 14 dusun harus mempertaruhkan nyawanya jika melintasi akses pertanian di wilayah tersebut. Akses pertanian yang seharusnya mudah dilintasi ini kondisinya membahayakan. Kondisi jalan turunan dan tebing. “Sangat sulit dan membahayakan saat kita mengangkut hasil pertanian, apalagi jika musim hujan,” keluh Umar, petani di Dusun Sandar Angin.

Akses ini merupakan perlintasan petani kopi dan sahang di wilayah Talang Padang Alai. Dusun Talang Sawah Jangga, Kelurahan Padang Temu, Kecamatan Dempo Tengah. Jalan ini baru sekali diperbaiki pemerintah yakni zaman pemerintahan Bupati Lahat Kafrawi Rahim. Selanjutnya jalan tak pernah diperbaiki.

Untuk itulah, warga secara bahu-membahu memperbaiki akses jalan sepanjang 6 km dan lebar 8 meter tersebut. Perbaikan ini dilakukan secara swadaya.

Senada dikatakan Yanto (40), warga Dusun Jangga. “Jika hujan berintensitas tinggi, jalanan jadi becek dan berlumpur sehingga tidak bisa dilintasi. Jadi, kami kesulitan mengangkut hasil panen,” terangnya.

Bila dipaksakan, taruhannya nyawa. “Karena akses perkebunan berupa tanah, jalan sangat licin untuk dilalui,” keluhnya.

Ketua RW 05, Dusun Talang Sawah Jangga, Erlan mengatakan, ratusan petani yang berkebun di daerah ini berasal dari berbagai dusun. Di antaranya Muara Siban, Gunung Mesir, Sandar Angin, dan Dusun Bumi Agung. “Perbaikan secara swadaya belum maksimal untuk menjadikan akses perkebunan nyaman dilalui,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Pagaralam, Ir Hariyadi Razak MM mengungkapkan, sejumlah jalan dusun atau talang di tahun 2016 mendatang bakal dilakukan pembangunan. “Jika dana kita cukup, secepatnya akan membangun jalan dusun atau talang yang masih banyak belum dibangun jalan aspal tersebut,” tegasnya. (ald/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 25 Agustus 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: