Lestarikan Budaya Nusantara



Unjuk Kebolehan: Peserta Karnaval Budaya 2015 atraksi di depan Bupati OKU dan pejabatan lainnya saat start di Taman Kota Baturaja, kemarin. Kegiatan diikuti sekitar 600 orang. (Sumeks, Minggu, 9 Agustus 2015)

* * * * * * * * * * * * * * *

BATURAJASekitar 600 orang yang tergabung dalam 30 grup seni budaya di OKU ikut tampil pada Karnaval Budaya 2015. Baik seni budaya Ogan maupun seni budaya daerah lain.

Seperti kesenian reog, kuda lumping, serta seni budaya lainnya yang ada di Bumi Sebimbing Sekundang. Mereka masing-masing unjuk kebolehan dengan melakukan atraksi di depan Bupati OKU dan pejabat lainnya saat start di Taman Kota Baturaja, kemarin (8/8).

Setelah itu mereka melanjutkan pawai keliling kota. Mulai dari Taman Kota Baturaja, simpang tiga Ramayana, Pasar Atas kembali ke Taman Kota. Selain menampilkan puluhan grup seni budaya, kegiatan tahunan tersebut juga memamerkan puluhan busana modifikasi.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT OKU ke-105 dan HUT Kemerdekaan RI ke-70,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) OKU, Faisol Ibrahim.

Karnaval juga sebagai bentuk untuk melestarikan budaya. Menyediakan wadah pelaku seni dan mengasah kreativitas, serta bisa meningkatkan wisatawan di OKU.

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis mengatakan, karnaval harus dilakukan untuk melestarikan budaya yang ada di OKU. Bukan hanya lokal, tapi dari etnis lainnya karena semua budaya milik nusantara yang harus dikembangkan dan dilestarikan.

“Budaya Indonesia mulai tersisih seiring masuknya budaya asing. Terlebih remaja sekarang ini yang sering mengikuti budaya barat dan mengesampingkan budaya timur. (gsm/vin)

Sumatera Ekspres, Minggu, 9 Agustus 2015

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: