Dominan Mati Pajak


Ngeles, Wajib Pajak Obral Alibi

Dominan Mati Pajak
Operasi Simpatik di Jl Merdeka menjaring puluhan pengendara, kemarin. Banyak yang ternyata menunggak membayar pajak kendaraannya

_______________________________

PALEMBANGOperasi Simpatik hari kedua berlangsung di Jl Merdeka, kemarin. Selama dua jam terjaring sekitar 60 pengendara. Para wajib pajak itu diperiksa tanda lunas pajak kendaraan bermotor (PKB) dan BBNKB-nya. “Yang terjaring banyak kendaraan mati pajak,” kata Kepala Bidang Pendataan dan Penagihan UPTD Dispenda Palembang 1, Yana Gina Baidayati. Dengan banyak alasan, para wajib pajak tersebut berkilah agar lepas dari razia gabungan tersebut.

Petugas tetap menahan STNK dan memberikan waktu seminggu kapada wajib pajak untuk membayar PKB yang mati. “Masih ditemukan pula kendaraan yang belum mutasi pemiliknya,” tuturnya.

Padahal, kendaraan itu sudah menjadi milik warga Palembang dan beroperasi di Kota Pempek. Para pengendara juga disarankan untuk melakukan mutasi agar kepengurusan PPKB lebih mudah.

Operasi tersebut rutin dilakukan setiap tahun. “Untuk kali ini, digelar hingga 26 Maret nanti,” jelas Yana. Hari pertama terjaring 40 kendaraan. Melalui razia gabungan itu, diharapkan tunggakan pajak kendaraan bisa berkurang. Sebelumnya, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel gerah. Ada 900 ribu kendaraan bermotor yang tak dibayarkan pajaknya. Jumlah tunggakan mencapai Rp 504 miliar.

“Karena itu, kami akan menggelar razia besar-besaran,” ujar Kepala Dispenda Sumsel, H Muslim SE MSi, belum lama ini.

Katanya, di Sumsel ada 2,5 juta kendaraan bermotor. Tapi, hanya 1,6 juta yang ppemiliknya aktif membayar pajak. Dari 900 ribu kendaraan yang tak dibayarkan pajaknya, 70 persen roda dua. “Sisanya, 30 persen kendaraan roda empat,” tandasnya. (uni/wia/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 25 Maret 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: