Pasokan Normal, Harga Bervariasi


Pasokan Normal, Harga Bervariasi
Pasokan Aman: Ikan gabus di pasaran pasokannyamaih aman. Tampak pedagang membersihkan ikan untuk digiling

________________________________________

PALEMBANGKendati pasokan ikan gabus normal, tidak membuat harga ikan ini turun. Harga ikan gabus tersebut bervariasi. Berdasarkan pantauan koran ini, Minggu (22/2), di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Cinde, 26 Ilir, Km 5, dan Pasar Lemabang, harga ikan gabus cukup bervariasi. Harga ikan mulai dari Rp 40 ribu/kg hingga Rp 60 ribu/kg.

Menurut Ali (45), pedagang ikan gabus di Pasar Cinde, saat ini, harga ikan gabus masih tetap di kisaran harga lama, tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan harga. Pasokan ikan mencukupi dari luar Palembang. “Harga ikan gabus saat ini tidak naik dan turun. Begitujugaikan gabus giling, Alhamdulillah permintaan akan ikan masih dikatakan normal,” tuturnya.

Harga ikan gabus, lanjutnya, akan mengalami kenaikan jika pasokan ikan dari daerah berkurang. Kalau pasokan ikan normal seperti sekarang ini, harga tidak akan mengalami kenaikan. “Biasanya pada saat air sungai dan rawa surut, ikan ini sulit didapat oleh masyarakat. Otomatis harga ikan gabus akan naik,” bebernya.

Sementara itu, A Rozak, penjual ikan gabus giling di Pasar 26 Ilir mengatakan, ikan gabus giling yang dijualnya saat ini Rp 70 ribu/kg. Sedangkan harga gabus yang masih hidup, Rp 50 ribu/kg. “Ikan gabus akan naik ketika permintaan mengalami lonjakan saat perayaan hari besar, seperti Idul Fitri dan Idul Adha,” tandasnya.

Di Pasar Km 5. Senada disampaikan Endang, pedagang ikan gabus di Pasar Lemabang. Menurutnya, harga ikan masih relatif mahal Rp 60 ribu/kg. “Ukuran ikan juga tidak begitu besar. Kecil-kecil,” tukasnya sembari melayani pembeli. (cj12/via/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Selasa, 24 Februari 2015

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: