PU Bina Marga Kota Palembang Sabet Juara 2 Bidang Sanitasi dan Drainase


Dihadiahi Kado Terindah, Vacuum Jetter Truck

PU Bina Marga Kota Palembang Sabet Juara 2  Bidang Sanitasi dan DrainaseSeorang pegawai PU Bina Marga menunjukkan mobil penyedot lumpur hadiah dari Kementerian PU

________________________________________

Usaha Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Palembang untuk menekan genangan air dan banjir terus dilakukan. Salah satunya, normalisasi sanitasi dan drainase. Belum lama ini, instansi ini kedatangan “tamu tak diundang”, sebuah mobil vacuum jetter truck penyedot lumpur dikirim langsung oleh Kementerian PU.

================================

Dian Cahyani – Palembang

================================

Tak sulit menemukan kantor PU Bina Marga dan PSDA Palembang. Terletak tak jauh dari Pasar Kuto, berjejer secara berurutan, Dinas PU Bina Marga diapit oleh Dinas Tata Kota dan Dinas PU Cipta Karya di samping kiri dan kanan.

Tiba diparkiran PU Bina Marga, terparkir sebuah mobil ukuran besar sebesar mobil fuso, bahkan lebih, berwarna putih yang menyedot semua perhatian masyarakat yang datang. Mobil tersebut tampak masih baru dan mulus, bertuliskan PKPD-PU dengan lambing Kementerian PU dan Palembang dengan lengkap diterpal berwarna biru tua sebagai penutup.

Di salah satu ruangan di gedung PU Bina Marga, wartawan koran ini disambut oleh Bastari, Kabid Pengendalian Banjir dan Drainase PU Bina Marga Kota Palembang. Kata-kata ramah pun mulai keluar dari mulutnya. “Silakan masuk, silakan duduk,” ujarnya sambil tersenyum.

Setelah mempersilakan duduk. Bastari pun dengan semangat menceritakan keberhasilan PU Bina Marga di bawah kepemimpinan Kadisnya, Darma Budhi, dan seluruh karyawan yang terlibat dan tentu saja tak lepas dari dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) sehingga bisa memperoleh kado terindahnya, mobil vacuum jetter truck dari Kementerian PU.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih peringkat kedua untuk Penilaian Kinerja Daerah di bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) bidang sanitasi dan drainase dari Kementerian PU. Juara pertama diraih Kota Bogor dan Lubuklinggau sebagai juara ketiga,” ujarnya bangga.

Sambil mengenang keberhasilan itu, Bastari mengungkapkan, vacuum jetter truck merupakan hadiah perdana sekaligus terindah yang dimiliki PU Bina Marga. Selama ini PU bina Marga belum mempunyai mobil penyedot lumpur semacam itu.

Lebih lanjut dikatakan pria berkulit sawo matang ini, penilaian dilakukan secara langsung oleh pihak Kementerian. Tentunya apa saja apa yang menjadi penilaian dan dimana saja yang dinilai, itu semua ditentukan oleh Kementerian.

“Kami tidakk tahu persis apa yang menjadi bahan penilaian mereka. Yang kami tahu, hanya terus melaksanakan pekerjaan kami sebagaimana mestinya. Setiap tahun, kami selalu mengadakan perbaikan drainase, penambahan kolam retensi, dan memperhatikan jalan kota untuk terus diperbaiki,” imbuhnya perlahan.

Sesekali memperhatikan kertas-kertas yang berada di atas meja kerjanya, Bastari pun kembali melanjutkan perbincangan. “Mobil itu memang masih baru, baru tiba di sini akhir Desember lalu dan sampai sekarang belum difungsikan,” ujarnya sambil meyakinkan.

Sengaja belum difungsikan karena dari pihak Kementerian akan melakukan trining kepada petugasnya yang akan mengoperasikan. “Sekitar awal Maret, baru akan diadakan pelatihan. Jadi operasionalnya pun baru dilakukan Maret. Mobil ini sangat berpotensi untuk menyedot lumpur dan membersihkan gorong-gorong,” sambungnya dengan tetap tersenyum.

Menurutnya PU Bina Marga selalu berkomitmen dengan baik dn konsisten untuk terus melakukan perbaikan infrastruktur. Itu terbukti dengan sepanjang tahun 2015 ini ada 60 titik lokasi perbaikan drainase. Sepanjang 2014, ada 40 titik, 45 titik sepanjang 2013, dan 45 titik perbaikan lagi sepnjang tahun 2012.

“Perbaikan drainase ini memang merupakan salah satu prioritas program Pemerintah Kota dalam hal pengelolaan banjir dan harus segera ditangani sedini mungkin.” (*/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Kamis, 19 Februari 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: