Underpass Bermotif Songket



Pekerja mengecat ornamen motif songket di underpass simpang Patal, kemarin

________________________________________

PALEMBANGUnderpass pertama di Kota Palembang hampir mendekati finishing. Jika tidak ada halangan, akan di-launching oleh Kementerian PU akhir Februari nanti. Namun, ada yang berbeda dengan fisik underpass, dimana disetiap dinding terowongan dilengkapi 28 ornamen bermotif songket.

“Kami akan menambahkan aksesori berupa ornament dengan motif songket ukiran tampan perak. Seluruhnya ada 28 ukiran songket di sepanjang kiri dan kanan terowongan,” kata Aidil Fitri, Satker Pelaksanan Jalan Metropolitan Palembang BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) III Sumbagsel, kemarin (10/2).

Dijelaskannya, pihaknya sengaja menunjuktukang ukir profesional yang sudah terlatih untuk membuat ukiran tersebut. Untuk ukirang berukuran masing-masing 2×2 meter persegi, perpaduan warna merah maron, ungu, dan kuning emas. “Kami ingin membuat sesuatu yang berbeda. Juga ingin meestarikan songket sebagai salah satu kain khas Palembang,” sambung Aidil. Untuk progres underpass sendiri, sudah hampir selesai dan akan segera di-launching akhir Februari nanti.

Masih kata Aidil, saat ini, underpass sedang dilakukan pengecatan motif songket, lanjut dengan beberapa tiang terowongan juga akan dicat warna kuning emas. Sementara untuk jalan di atas underpass, sudah dilakukan uji coba. Aidil mengatakan, untuk terowongan di bawah jembatan, juga akan dilakukan uji coba pada 19 Februari nanti.

“Kalau tidak ada halangan, kami akan melakukan uji coba kendaraan yang melintas di terowongan pada 19 Februari. Karena pada 18 Februari, beton sudh berumur 14 hari,” terangnya seraya mengatakan, sewaktu pengecoran, jembatan sudah dicampur zat adiktif kimia sehingga umur beton semakin kuat.

Lebih lanjut dikatakankan. Bagian bawah jembatan ada lampu sorot yang disediakan langsung oleh BBPJN karena memang sudah termasuk dalam kontrak, juga lampu di atas jembatan. Disinggung kelengkapan lainnya, Aidil mengatakan, pihaknya juga tengah menyelesaikan pompa reservoar untuk menyerap air yang timbul di bawah jembatan.

“Jadi kami pastikan terowongan di bawah underpass tidak akan mengalami banjir dan genangan,” sambungnya. Untuk diketahui, underpass mulai pengerjaannya awal 2013 lalu dengan panjang lebih kurang 300 meter, lebar 22 meter, termasuk median jalan dan tinggi terowongan 6 meter. (chy/asa/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Rabu, 11 Februari 2015

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: