Cor Badan Jembatan Duplikasi Musi II


Kapasitas Reservoar Underpass 550 Kubik

Cor Badan Jembatan Duplikasi Musi II
Kondisi lantai jembatan duplikat Musi II yang kemarin mulai pengecoran dari sisi Seberang Ulu. Tampak seorang pekerja mengecek kesiapan di lokasi

_____________________________________________

PAEMBANGProyek pembangunan duplikasi Jembatan Musi II makin mendekati rampung. Saat ini, pekerjaan fisik tinggal menyelesaikan pengecoran badan jembatan dari sisi Seberang Ulu. Total ada span (bentang) pada kembaran Musi II itu. Nah, bentang dari sisi Seberang Ilir (arah Poligon) telah selesai dicor.

“Mulai hari ini (kemarin), kami mulai mengecor bentang pertama dari arah Seberang Ulu. Besok (hari ini), dilanjutkan pengecoran bentang kedua. Sedangkan bentang ketiga (tengah jembatan), tinggal pembersihan,” jelas Aidil Fitri, Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan dan Jembatan Motropolitan, BBPJN Wilayah III, kemain (9/1).

Meskipun izin perpanjangan waktu dan pendanaan belum keluar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), namun pengerjaan duplikasi tetap dilakukan. Targetnya, Februari selesai dan segera launching.

Bagaimana underpass? Saat ini, ada empat fase untuk traffic light yang akan dipasang pada bagian atas underpass. Namun, Dishub Kota Palembang menyarankan tiga fase saja, mengingat kendaraan yang melintas sangat padat. “Saran itu akan ditindaklanjuti dan diadakan pertemuan lagi,” lanjut Aidil.

Untuk menerapkan tiga fase traffic light, pihaknya harus merapikan “pulau” yang ada di atas terowongan. Jika diberlakukan tiga fase, maka konsepnya sama seperti traffic light dibawah flyover simpang Polda,” tuturnya.

Pihaknya memang masih mengurus perpanjangan waktu proyek underpass ke Kemenkeu. Anggaran pembangunan underpass Rp 113 miliar dari APBN tersisa Rp 8 miliar. Dana itu sudah dikembalikan seiring berakhirnya kontrak, akhir Desember tadi. “Saat ini sedang diajukan perpanjangan kontraknya,” tandas Aidil.

Ditambahkan Harun Nurasyid, PPK Metropolitan BBPJN III, arus lalu lintas underpass terutama dari simpang Kenten cukup padat. Antrean kendaraan mendekati 500 meter. “Kalau underpass selesai, kemacetan dan antrean teratasi,” tukasnya. Harun menambahkan, khusus reservoar yang sedang dibangun, akan mampu menampung air hingga 550 kubik. (chy/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Sabtu, 10 Januari 2015

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: