Kunjungan McMahon Tim Advisor Frenz Foundation dan juga Legenda Liverpool


Terkesan GSJ, Janji Datangkan Klub Elite Eropa

Kunjungan McMahon Tim Advisor Frenz Foundation dan juga Legenda Liverpool

Sumsel akan menjadi tuan rumah International Frenz Cup (FIC). Turnamen yang akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), 3-14 Januari 2015 nanti akan diikuti klub elite Eropa seperti Liverpool U-18, Feyenoord U-18, dan Valencia U-18. McMahon selaku tim advisor Frenz Foundation, kemarin langsung berkunjung ke GSJ.

================================

Ardila Wahyuni – Palembang

================================

Kedatangan McMahon ke Palembang memang di luar dugaan. Saat tiba di bandara pukul 09.00 WIB, McMahon yang pernah membela Tottenham Hotspurs dan Manchester City di era 90-an ini langsung menuju GSJ, McMahon datang bersama sang adik John McMahon yang juga pelatih Liverpool Junior tampak santai. Pakaian yang dikenakannya terkesan casual dengan kaos warna biru tua dipadu dengan blue jeans warna yang sama.

Sebelum memasuki GSJ, McMahon sempat berkeliling Jakabaring bersama Sekretaris Asprov PSSI Sumsel, Augie Bunyamin, melihat fasilias oahraga selama 30 menit mulai dari lapangan sofball, venue menembak, venue aquatic, wisma atlet, venue atletik, dan venue tenis. Pria berkepala plontos tersebut sangat terkesan. “Semuanya tidak ada masalah dan stadion serta fasilitasnya first class dibandingkan negara lain,” ucap McMahon dengan aksen Inggris yang sangat kental kepada Koran Ini.

Setelah sempat ngobrol dan melihat-lihat fasilitas olahraga di Jakabaring, pemilik tinggi 176 cm ini kembali menuju Stadion Gelora Sriwijaya untuk menemui Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Orang nomor satu di Sumsel, menjelaskan mengenai fasilitas olahraga yang dimiliki.

McMahon terlihat sangat antusias dan mengangguk-angguk mendengarkan penjelasan mantan Bupati Muba ini. Sekali-kali McMahon mengajukan pertanyaan dan dijawab dengan baik oleh Alex Noerdin.

Pria yang pernah memperkuat klub Aston Villa ini mengatakan dirinya baru pertama kali datang ke Palembang dan sangat terkejut dengan fasilitas olahraga yang dimiliki Sumsel. Menurut dia, semuanya sangat luar biasa, tertata rapi dan berstandar internasional.

Bahkan, McMahon mengungkapkan, seluruh fasilitas dikatakan first class dibandingkan dengan negara Asia Tenggara. “Yang buat saya semakin terkesan adalah kawasannya terintegrasi dengan gedung olahraga dan semuanya terjaga dan terawat,” ulas dia.

Tambah dia, terpilihnya Sumsel untuk menggelar turnamen tersebut sangat tepat sebab seluruh fasilitas sangat mendukung. Mulai dari kebersihan, keamanan, dan perawatan. “Setelah tinjauan tidak ada masalah dan semuanya dalam kondisi baik dan turnamen FIC bisa digelar awal tahun depan,” urainya.

Diungkapnya, pihaknya memang meminta standar yang tinggi untuk menggelar pertandingan FIC. Tepatnya, sesuai standar Liga Inggris. Mengingat, event ini akan disiarkan secara langsung dan akan disaksikan oleh seluruh dunia. “Kami akan mengajak broadcasting andal untuk melihat dan lakukan persiapan,” ulas dia.

Nantinya, tambah pemain berusia 53 tahun tersebut, ada delapan kamera di setiap sudut stadion saat pertandingan. Kamera yang terpasang memiliki kualitas yang bagus. “Waktu dekat saya akan ke sini lagi untuk meninjau venue dan memastikan semuanya tidak ada masalah,” lanjut dia.

Tidak hanya itu, mantan pemain timnas Inggris ini punya rencana untuk mendatangkan klub-klub Eropa seperti Chelsea, Manchester United, Manchester City, Real Madrid, AC Milan, dan Buyern Muenchen. “Saya punya koneksi dengan klub-klub elite Eropa dan saya bisa mendatangkan klub-klub tersebut ke Palembang untuk menjalani tur pramusim karena di sini fasilitasnya sangat lengkap dan berstandar internasioanl. Dan juga punya rencana akan mendirikan Akademi Frenz di Palembang untuk membina pesepak bola muda yang akan diorbitkan menjadi pemain profesional,” tambahnya.

Ketika ditanya kesibukannya saat ini, McMahon mengungkapkan, dirinya saat ini tetap bergelut di dunia sepakbola. Dunia yang memang dicintainya dengan menjadi komentator di acara televisi. Selain itu, dirinya pun menjadi advisor untuk beberapa kegiatan. “Meski sudah pensiun, saya tetap aktif di dunia sepakbola,” tukasnya.

Fasilitas olahraga di Sumsel bisa dibilang terlengkap di Indonesia. Kompleks Jakabaring Sport City menjadi daya tarik bagi insan olehraga dunia menggelar event bertaraf internasional. Ditunjuknya Palembang menjadi alasan kuat bagi Bumi Sriwijaya menggelar turnamen kelas dunia.

Dimulai dari PON XVI 2004, kemudian berlanjut turnamen sepak bola AFF U-20 tahun 2005 dan pernah menjadi host Piala Asia 2007 bersama Jakarta. Begitu juga dengan ajang multievent seperti ASEAN Games 2011 dan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dan sekarang menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) 2014.

Sebagai informasi turnamen FIC 2015 nanti dibagi empat grup dan diikuti 16 tim. Grup A dan B akan digelar di Selangor Malaysia sedangkan grup C dan D akan dilaksanakan di Palembang sedangkan semifinal dan final juga akan digelar di Palembang. Grup A terdiri dari Tottenham Hotspurs U-18 (Inggris), Sporting Lisbon U-18 (Portugal), AIFF U-18 (India), dan Frenz United Malaysia. Grup B terdiri dari Beksitas U-18 (Turki), Estudiantes FC U-18 (Argentina), Gamba Osaka U-18 (Jepang), PVF Vietnam U-18 (Vietnam).

Selanjutnya grup C Liverpool U-18 (Inggris), Feyenoord U-18 (Belanda), Guangzhou U-18 (Cina), dan Frenz United Indonesia. Grup D Valencia U-18 (Spanyol), SC Internacioanl U-18 (Brazil), Khasima Antlers U-18 (Jepang), dan Chonburi U-18 (Thailand). (*/ce1)

Sumber: Sumatera Ekspres, Kamis, 11 Desember 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: