Berhanyutan di Sungai, Diberondong Peluru


Pelaku Kejahatan Diringkus

Berhanyutan di Sungai, Diberondong Peluru

MUARA ENIMIndra (31), tidak mau menyerah begitu saja saat menyadari kedatangan polisi yang hendak menangkapnya. Pelaku penganiayaan dan penggelapan sepeda motor itu nekat terjun ke Sungai Lematang, menghanyutkan diri mengikuti arus sungai sejauh dua kilometer. Tapi akhirnya berhasil ditangkap setelah diberondong peluru.

Pengejaran yang dilakukan tim gabungan Satreskrim dan Satintelkam Polres Muara Enim itu berlangsung Senin (8/12) sekitar pukul 09.30 WIB. Pagi itu, didapati informasi tersangka Indra sedang duduk-duduk di sebuah warung kopi di Kampung Rukun Damai, Kelurahan Tanjung Periuk, Kota Muara Enim.

Enam orang polisi berboncengan mengendarai sepeda motor mendatangi warung yang dimaksud, melihat polisi datang tersangka langsung kabur lewat jalan setapak. Polisi sempat memberikan tembakan peringatan ke uadara, tapi tersangka yang merasa terdesak nekat menceburkan diri ke Sungai Lematang. Berenang menghanyutkan diri mengikuti arus sungai.

Upaya penangkapan itu menarik perhatian warga. Ratusan warga spontan membantu polisi melakukan pengejaran. Melakukan pengepungan di pinggir sungai, sehingga tersangka tidak bisa menepi naik ke darat. Polisi kembali memberondongkan peluru ke arah tersangka, tapi tidak mengenainya. Sebagian polisi dan warga yang melakukan pengejaran menggunakan perahu berhasil mendekati tersangka di bawah jembatan Desa Lubuk Amplas.

Tapi saat hendak ditangkap, tersangka melakukan perlawanan. Perahu yang ditumpangi polisi dan warga itu dibalikkannya dan ditenggelamkan. Tersangka kembali lolos, terus menghanyutkan diri. Tidak kehilangan akal, polisi langsung meminjam perahu milik warga yang tengah memuat batu koral. Kembali melakukan pengejaran, sambil memberikan tembakan peringatan.

Akhirnya tersangka Indra berhasil diringkus di aliran Sungai Lematang, kawasan Kampung 8, Kelurahan Muara Enim, atau sekitar sejauh dua kilometer dari lokasi awal dia terjun ke sungai. Tersangka terkena tembakan di kaki kirinya. Begitu saat polisi akan menaikkan ke darat, warga yang ikut kesal sempat memukul tersangka dengan tangan kosong dan benda keras.

Beruntung polisi cepat mengamankannya, memasukkan ke dalam mobil, dibaw ke RSU dr HM Rabain Muara Enim untuk diobati luka tembaknya, kemudian digelandang ke Mapolres Muara Enim. Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto SIK MSi melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH mengatakan, tersangka Indra ini memang terkenal licin.

Warga Desa Sungai Ibul, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI itu menjadi target operasi (TO) karena terlibat empat kasus kejahatan dengan empat laporan polisi (LP) korban yang berbeda. “Tersangka ini juga merupakan residivis yang pernah dihukum atas kasus kepemilikan senjata api rakitan,” ungkap Eryadi.

Dalam kasusnya kini, dia terlibat kasus penganiayaan terhadap korban Dedi Arpalah. Dalam laporang polisi bernomor LP/B-819/XI/2014/Sumsel/Res M Enim, kejadiannya berlangsung Sabtu (29/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Pagi itu korban bertemu tersangka di Kampung Rukun Damai, tersangka kemudian membacok korban. Tersangka tida senang keberadaannya diberitahukan, hingga dia digerebek polisi.

Korban pun menderita luka bacokan parang di kepala dan tengkuk, hingga kini masih dirawat di RSU dr HM Rabain Muara Enim.

Kasus lain, tersangka Indra terlibat kasus penggelapan sepeda motor, dengan korban Antoni sesuai LP/332/VI/2014, bulan Juni 2014.

“Juga kasus penggelapan motor, nomor LP/210/IX/2014 tanggal 5 September 2014 dengan korban Imam Suranto. Kini kasusnya masih kami kembangkan,” tegas Eryadi. (bis/air/ce5)

Sumber: Sumatera Ekspres, Selasa, 9 Desember 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: