Temukan Ribuan Koin Tingkok di Sungai Komering


Tersedot Penambang Koral

Temukan Ribuan Koin Tingkok di Sungai Komering
Ribuan koin kuno bertuliskan huruf Tiongkok ditemukan di aliran Sungai Komering, tepatnya di Desa Negeri Agung, Kabupaten BP Beliung

________________________________________

MARTAPURARibuan koin bertuliskan huruf Tiongkok kuno ditemukan penambang batu koral di Sungai Komeringdi Desa Negeri Agung, Kecamatan BP Beliung. Koin tersebut ikut tersedot di kedalaman lima meter oleh mesin dompeng milik penambang.

Koin ini ditemukan Sabut (18/10) sekitar pukul 12.00 WIB. “Saat kami menyedot koral, bukan koral yang keluar melainkan ribuan koin yang sudah menghitam bercampur aduk dengan batu koral keluar dari lubang pipa,” ujar Eddy (36), pemilik usaha sedot koral.

Aktivitas menyedot koral langsung terhenti. Mereka langsung membawa pulang koin. “Kemungkinan di bawah sungai itu ada kendi atau peti tempat menyimpang koin,” ujarnya.

Dugaan Eddy ini wajar karena sebelumnya dirinya mendapatkan pecahan kendi bermotif seperti kepala patung Bali. “Pecahan ini didapat dari dasar Sungai Komering yang mengering,” ujarnya.

Lalu, tiga bulan sebelumnya juga ditemukan satu koin mata uang Nederland tahun 1858, satu batu giok dan rantai yang terbuat dari tembaga. Ketua Jaringan Masyarakat Adat Komering (Jamak) OKU Timur, H Leo Budi Rachmadi SE, mengatakan, pihaknya masih menginventarisasi keberadaan koin Tiongkok tersebut. “Kita akan ke Balai Arkeologi,” ujarnya yang menduga Sungai Komering pernah dilintasi kapal saat zaman Kerajaan Sriwijaya. (sal/ce6)

Sumber: Sumatera Ekspres, Rabu, 22 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: