Pasar Cinde Dibangun Sembilan Lantai


Terintegrasi dengan Monorel

Pasar Cinde Dibangun Sembilan Lantai PALEMBANGRencana pembangunan Pasar Cinde menjadi pasar modern sembilan lantai terus matangkan. Pemprov Sumsel sedang memikirkan relokasi lapak pedagang untuk sementara waktu selama pembangunan berlangsung nantinya.

“Kami memikirkan apak sementara di sekitar Pasar Cinde. Kami tidak mau mematikan pedagang yang ingin mencari nafkah,” kata Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perekonomian, Ruslan Bahri, kemarin (16/10).

Nantinya setelah pembangunan gedung baru Pasar Cinde berjalan dua lantai, maka para pedagang akan dimasukkan ke pasar tersebut. “Pembangunan tujuh lantai lainnya akan diteruskan. Masuknya pedagang ke dua lantai di bawahnya tidak akan mengganggu pembangunan. Kami sudah susun feasibility study (FS)-nya,” ungkapnya.

Gedung baru Paar Cinde nantinya terintegrasi dengan monorel. Meski dibangun sembilan lantai, tapi tidak mengubah fungsinya sebagai pasar tradisional. “Tetap mengutamakan blok penjualan daging, ikan, dan kebutuhan poko lainnya. Hanya akan lebih tertata dan tidak kotor serta bau seperti sekarang ini,” ujar Ruslan.

Ruslan menuturkan, pembangunan gedung baru Pasar Cinde menggunakan proses BOOT selama 30 tahun . “Selama pengelolaan oleh pihak swasta, Pemprov Sumsel akan menerima bagi hasil yang persentasenya akan dibahas nantinya,” bebernya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Ir Permana MMA mengatakan, Pasar Cinde merupakan pasar percontohan di Sumsel. Karenanya, penting agar pasar ini ditata lebih baik. “Apalagi pasar tersebut akan terintegrasi dengan monorel yang akan dibangun dalam waktu dekat ini,” tukasnya. (wia/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Jumat, 17 Oktober 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: