Rem Blong, Fuso Keluar Jalur


Rem Blong, Fuso Keluar Jalur
Melintang: Diduga rem blong, truk jenis fuso mendadak keluar jalur saat menghindari kendaraan di depannya, insiden ini terjadi di Jl Kol H Barlian, Km 6,5, Palembang. Selain menimbulkan kemacetyan panjang, peristiwa tersebut mengakibatkan empat orang terluka.

Tabrak Dua Mobil, Empat Orang Terluka

Picu Kemacetan Panjang

________________________________________

PALEMBANGNgerem mendadak, mobil truk fuso bermuatan peti kemas BG 8358 UN keluar jalur di Jl Kolonel H Barlian, Km 6,5, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Rabu (15/10) sekitar pukul 10.00 WIB. Akibatnya, truk menghantam mobil pribadi hingga menyebabkan empat penumpang terluku.

Informasi yang dihimpun, peristiwa berawal saat truk fuso yang dikendarai Mulyadi (32), warga Jl Sultan Syahril, RT 01, Kelurahan 5 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II melaju dari arah Simpang Tanjung Api-Api menuju Kertapati. Saat melintas Jl Kolonel H Barlian dirinya mengerem mendadak. Ia beralasan, ada mobil di depannya yang tiba-tiba berhenti.

“Aku tekejut Pak. Ado mobil di depan aku, terus aku ngerem tibo-tibo rem anginnyo macet. Mobil aku banting ke arah kanan ke luar jalur langsung numbur mobil duo ikok itu,” ungkpa Mulyadi.

Akibat kejadian ini, dua mobil lainnya, yakni mobil Fortuner hitam BG 966 AD dikendarai Ema (30), bersama penumpang di dalamnya masing-masing Bunga Cinta (1,1), Irma, dan Aska (2), warga Jl Motik Perum Raflesia No 1, Blok I, Lemabang, dan mobil Innova BG 918 YM yang dikendarai Ferdi (42), warga Jl Mangkunegara, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II ringsek. Sementara penumpangnya alami luka ringan.

Menurut Ferdi, saat kejadian dia sedang melajukan kendaraan pada jalur tengah. Lalu terkejut dan dan tidak mengetahui jika ada truk fuso yang mendadak keluar jalur. Ia sendir tidak sempat menghindar. Sementara mobil Furtuner di depannya langsung terseret setelah ditabrak truk tanpa muatan tersebut.

“Saya tidak tahu Pak kejadiannya bagaimana. Tapi di depan saya ada mobil Fortuner. Nah, penumpangnya mengalami cedera yang cukup parah karena mobilnya sempat terseret dan penumpangnya banyak anak-anak,” ujarnya.

Pantauan Sumatera Ekspres, di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP), sopir yang diamankan petugas hampir menjadi bulan-bulanan keluarga korban yang tidak terima dengan kejadian tersebut. Sehingga petugas Satlantas Polresta Palembang langsung mengamankan sang sopir ke Pos Laka Pakjo.

“Kami sudah amankan sopirnya ke pos. Indikasinya diduga rem hidroliknya blong dan macet. Lalu mobil keluar memotong jalur dan menghantam dua mobil lainnya. Ada empat orang korban luka ringan dalam peristiwa ini dan sudah dilarikan ke RS Myria,” kata Kanit Laka Polresta Palembang, AKP Esti.

Ditambahkannya, pihaknya juga sudah melakukan evakuasi trhadap mobli truk yang meintang di tengah jalan. Pihaknya tidak menyangkal dalam kejadian tersebut menyebabkan kemacetan panjang dari depan Denpom II Sriwijaya hingga di tempat kejadian.

Sementara Isranedy, Kabid Pengawasan dan Pengendalian Operasional Dishub Kota Palembang mengatakan, Dishub tidak berhak melakukan penilangan. “Kami (Dishub Kota) tidak berhak menilang mobil dengan muatan besar yang berkeliaran pada siang hari. Dalam hal ini mobil kontainer yang mengalami kecelakaan di Jalan Kolonel H Barlian,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya hanya berhak melakukan penindakan terhadap angkutan umum serta angkutan barang yang bermuatan kecil seperti pick-up dan lainnya. “Namun, begitu kami menerima informasi ada truk kontainer yang mengalami kecelakaan, langsung didatangkan derek untuk mengangkutnya,” sambungnya. (cj13/asa/chy/ce5)

Sumber: Sumatera Ekspres, Kamis, 16 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: