190 Pasar Tumbuh Nihil Izin


Tahun Depan Renovasi Empat Pasar Tradisional

190 Pasar Tumbuh Nihil Izin PALEMBANGPD Pasar Pelembang Jaya mencata ada 200 pasar tumbuh milik swasta. keberadaan pasar-pasar baru ini tersebar di wilayah Palembang, hampir semua di kecamatan.

Dari seluruh pasar tumbuh itu, baru 10 pasar yang mengantongi izin. Fakta tersebut diungkap Direktur Utama PD Pasar Pelambang Jaya, Apriadi S Busri, melalui Kasubdit Perencanaan Data dan Informasi, Fahria.

Dijelaskannya, ke-10 pasat tumbuh yang terdaftar trsebut, Pasar Multi Wahana, Griya Musi Permai, Lebong Gajah/Maju Bersama, Pasar Pagi Km 5, Sentosa, Cakna, Simapang Keramasan, Klinik 7 ulu, Pasar Pagi Lemabang, dan terbaru Pasar Polygon. “Saat ini kami sedang mengadakan pendekatan dengan manajemen Pasar Silaberanti, OPI, dan Pasar Suro Tangga Buntung,” jelasanya.

Sesuai dengan perwali Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Penataan dan Pengelolaan Pasar Tradisional Swasta, setiap pasar milik swasta harus mengurus izin terlebih dahulu dari Pemkot, dalam hal ini PD Pasar Palembang Jaya. “Semua paar yang terletak di lahan Pemkot harus dikelola PD Pasar. Tapi yang milik swasta, harus izin dari PD Pasar,” jarnya.

Sementara untuk pasar yang benar-benar dikelola oleh PD Pasar Pelambang Jaya, ada 15 pasar. Semuanya pasar tradisional murni, dengan tanah dan bangunan benar-benar milik Pemkot Palembang. Di antaranya Pasar Cinde, Soak Bato, Tangga Buntung, Padang Selasa, Bukit Kecil, Gandus, Sekanak, Kamboja, Kebun Semai, Lemabang, 16 Ilir, Pasar Yada, 10 Ulu, 3-4 Ulu, dan Pasar Kertapati.

Soal rencana revitalisasi pasar tradisional, Fahria mengatakan di tahun ini (2014, red) baru Pasar 10 Ulu yang berhasil direalisasikan. Dana revitalisasi berasal dari Kementerian Perdagangan. “Selain Pasar 10 Ulu, kami sudah merencanakan pasar-pasar tradisional yang akan direvitalisasi. Bahkan, sebagian ada yang akan disulap menjadi mall,” imbuhnya.

Ada beberapa rencana revitalisasi pasar yang detail engineering desain (DED)-nya sudah rampung dan remcananya mulai dibangun tahun depan. Seperti Pasar Lemabang, Pasar Cinde, Pasar Km 5, dan Pasar Soak Bato. beberapa pasr ini sudah mempenyai alternatif desainnya.

“Kami (PD Pasar, red) biasanya hanya merenovasi dan merehab pasar yang sudah ada. untuk revitalisasi pasar, itu tergantung dana yang ada. Biasanya revitalisasi pasar itu dibangun melalui Pemkot Palembang dari bantuan hibah kementerian atau sumber dana lain,” beber Fahria.

Smentara untuk jangka panjang, pasar tradisional di Palembang akan diusahakan supaya semuanya direvitalisasi menjadi pasar modern. Tentu saja dengan fasilitas dan infrastruktur yang memandai. (chy/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Rabu, 15 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: