Musi IV Nihil Perkembangan


Duplikasi Musi II, Pasang Bentang Tengah

Musi IV Nihil Perkembangan
Kejar Target: Duplikasi Jembatan Musi II memasuki tahap pemaangan konstruksi atas bentang tengah. Pengerjaannya mengejar target karena akhir tahun ini harus kelar

________________________________________

PALEMBANGKelanjutan dari persiapan pembangunan Jembatan Musi IV kini tak ada kabar beritanya. Setelah tidak kunjung selesainya pembebasan lahan di kawasan Seberang Ilir (seputar Dinas Tata Kota dan Kuto) dan Seberang Ulu II, upaya mewujudkan jembatan alternatif Ampera itu tenggelam begitu saja.

Kabag Agraria Pemkot Palembang, Fahmi Fadilla, menegaskan bahwa pembangunan Jembatan Musi IV tetap berlanjut. “Yang jelas, rencana membangun Musi IV jalan terus,” katanya, belum lama ini. Untuk detail progresnya, ia menyarankan ke Bappeda. Sedangkan proses pembebasan lahannya, akan dilakukan langsung Dinas PU Bina Marga Palembang.

“Untuk pembebasan lahan dan dananya, sudah diserahkan dan langsung dilaksanakan PU Bina Marga,” cetusnya. Kepala Bappeda Palembang, Safri H Nungcik, tak mau bicara banyak soal progres jembatan ini. “Musi IV belum ada perkembangan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Bina Marga Palembang, Darma Budi mengatakan, sudah ada dana tahap pertama sebesar Rp 6,5 miliar dari APBN. “Akan difokuskan terlebih dahulu ke daerah Seberang Ilir,” ungkapnya. Kemungkinan untuk pemancangan pilar terlebih dahulu.

Pemkot Palembang juga sudah menganggarkan sekitar Rp 10 miliar untuk ganti rugi lahan tahap pertama yang diperuntukkan terlebih dahulu bagi masyarakat di Seberang Ilir. “Musi IV tetap jalan dan sebelum Desembar nanti anggaran dari pusat harus sudah terserap semua,” bebernya. Jika tidak, dana itu harus dikembalikan ke pusat.

Jembantan Musi IV ini memerlukan lahan seluas 4.395 hektare. Panjang jalan dan jembatan ini totalnya mencapai 1.708 meter (1,708 km). Jembatan akan menghubungkan kawasan Seberang Ilir, dari Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, tepanya Jl Slamet Riyadi (perkantoran Dinas Tata Kota) ke kawasan Seberang Ulu di Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, tepatnya Jl A Yani.

Sementara, proses duplikasi Jembatan Musi II makin mendekati selesai. Saat ini sedang pengerjaan pemasangan bagian atas bentang tengah jembatan. Targetnya, akhir tahun nanti duplikasi Musi II tersebut selesai. (chy/ce4)

Sumber: Sumatera Ekspres, Senin, 13 Oktober 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: