Empat Ruko Terbakar


Diduga Api Berasal dari Kompor

Empat Ruko Terbakar
Petugas pemadam kebakaran dibantu warga melakukan pemadaman api yang meludeskan empat ruko di Jl Segaran, Lr Kuningan, Kelurahan 15 Ilir, kemarin. Warga yang ingin tahu kejadian tersebut sempat memadati jalan di lokasi kejadian

________________________________________

Kebakaran kembali terjadi. Kali ini, empat rumah toko (ruko) di Jl Segaran, Lr Kuningan, RT 4, Kelurahan 15 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Palembang, kemarin (9/10) sekitar pukul 11.00 WIB ludes. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditafsir jutaan rupiah.

Pengamatan Sumatera Ekspres, warga yang tengah beraktivitas di kawasan itu terkejut melihat asap mengepul keluar dari ruko mmilik Husien (45). Teriakan minta tolong pun terdengar. “Kebakaran-kebakaran,” ujar warga di sekitar lokasi. Suasana mendadak gaduh. Tanpa menunggu lama, warga langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sayang, proses pemadaman api sulit, selain kondisi ruko Husein kosong, juga pintu terhalang terali besi.

Informasi di lapangan, ruko tersebut diguanakan untuk membuat pempek. Dugaan sementara api berasal dari kompor yang belum dimatikan di ruko Husein. Tak ayal, api dengan cepat menjalar ke ruko yang ada di sebelahnya.

“Yanti (istri Husein, red) pergi menjemput anaknya sekolah. Mungkin kompor yang berada di dalam ruko tidak dimatikan, biasanya dia suka merebus pempek,” kata Ujang (40), seorang saksi mata di tempat kejadian.

Lantaran terkendala dalam melakukan pemadaman, warga berusaha mendobrak pintu terali besi yang berada di depan toko milik Husein. Namun kobaran api sangat cepat dan merembet ke rumah Ramli Arfa (60) di sebelah kiri, lalu merambat kedua rumah milik milik Eti (45) di sebelah kanannya.

“Api itu itu lari ke rumah Ramli dulu baru ke rumah Eti. Nah, tigo rumah abis nian dimakan api, sikok rumah lagi masih punyo Eti dak pulok habis dimakan api,” ungkap Ujang.

Korban Eti saat dibincangi Sumatera Ekspres mengaku tidak mengetahui kajadian itu secara langsung, karena saat kejadian dia sedang berada di rumah anaknya. Diketahui dua toko miliknya yakni Toko Bintang Mas Aluminium dan toko mebel Kurnia Abadi juga tidak luput menjadi sasaran si jago merah.

“Aku dak tau berapo kerugiannyo. Yang penting kami selamet galo, dak katek yang tejebak di dalem. Itu toko lagi kosong idak ditunggu cuma ado barang-barang siso stok lamo bae,” aku Eti.

Sementara itu, Kapolsek IT I, Kompol Apriya Jaya saat ditemui di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan identifikasi dan mengumpulkan data milik korban. Untuk sementara, kata dia, indikasi penyebab kebakaran berasal dari kompor.

“Kami belum memeriksa saksi Yanti. Karena dia masih belum mengetahui kejadian kebakaran yang menghanguskan rumahnya. Untuk saat ini dugaan sementara api berasal dari kompor. Tapi kami perlu melakukan pemeriksaan lagi untuk memastikan,” terang Apriya Jaya.

Pihaknya juga beharap kepada seluruh korban yang mengalami peristiwa yang tidak diinginkan tersebut, segera membuat bukti laporan kepada pihak kepolisian. Sehingga pihaknya bisa menindaklanjuti kejadian tersebut.

“Saat ini kami belum menerima laporan korban. Jadi kami belum mengetahui berapa total kerugian yang dialaminya, namun diperkirakan mencapai ratusan juta. Karena yang terbakar empat ruko berlantai dua beserta isinya,” kata Kapolsekta IT I ini.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kebakaran Daerah Kota Palemban, Edison mengatakan, pihaknya menerjunkan 11 armada pemadam kebakaran. Memang, upaya pemadaman api terkendala dengan kondisi jalan yang sempit dan padat penduduk. “Api berhasil kami padamkan secara total sekitr pukul 12.00 WIB. Dalam kejadian ini kami tidak menemukan korban jiwa,” ungkapnya singkat. (cj13/asa/ce5)

Sumber: Sumatera Ekspres, Jumat, 10 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: