Polantas tak Boleh Pungli


Polantas tak Boleh Pungli
Penghargaan HUT Polantas: Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Suharsono, menyerahkan award kepada Kasatlantas Polresta Palembang, Kompol Arief Fitrianto, atas pelayanan SIM Terbaik se-Sumsel, kemarin

________________________________________

PALEMBANG — Kapolda Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution menegaskan, jajaran kepolisian, terkhusus polisi lalu lintas )Polantas), tidak boleh melakukan pungutan liar (pungli). Dengan begitu, Polantas mengangkat citra baik polisi dan mengembalikan citra baik polisi dan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.

“Seluruh jajaran lalu lintas yang di lapangan, ke depan jangan banyak melakukan penilanngan. Usahakan memberikan teguran secara tertulis kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran ringan,” kata Saud dalam acara HUT Polantas ke-59 di Mapolda Sumsel, kemarin (30/9).

Kapolda menyatakan, banyak oknum Polantas yang melakukan pungli dengan memanfaatkan pelanggaran dari masyarakat. Kenyataan ini jelas melanggar ikrar polisi sebagai penolong masyarakat. “Saya melihat di pos-pos, masih banyak yang minta-minta kepada masyarakat, bukannya memberikan nasihat, imbauan, dan arahan. Yang harus ditindak itu kalau pelanggarannya parah,” cetusnya.

Misalnya, kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang menyebabkan orang lain meninggal. Semua perkaranya harus dimajukan ke persidangan. Kata Saud, komitmen itu tidak boleh dirusak dengan perbuatan oknum polisi yang menyelesaikan kasus tersebut di bawah tangan.

“Saya perintahkan kepada seluruh Kasatlantas, khususnya lakalantas, dengan korban meninggal dunia harus diajukan ke persidangan,” tegasnya. Bagi yang berprestasi, Polda memberikan award. “Saya berikan berdasarkan prestasi mereka (Kasatlantas) setelah sebelumnya ada penilaian terhadap kinerja masing-masing. Tidak ada Kasatlantas titipan. Jangan sampai kepercayaan ini disia-siakan,” imbuh Saud.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel, Kombes Pol Suharsono menyatakan, seluruh jajaran Lantas se-Sumsel akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pihaknya berjanji akan mengutamakan preventif dan persuasif, termasuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melanggar aturan berlalu lintas.

“Tidak mungkin lalu lintas di Palembang dan wilayah Sumsel menjadi tertib serta lancar tanpa dukungan semua elemen masyarakat,” tuturnya. Beberapa kebiasaan buruk masyarakat dalam berlalu lintas harus dihilangkan.

Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Arief, yang menerima penghargaan atas pelayanan SIM terbaik se-Sumsel mengatakan, selama ini pihaknya dengan dukungan penuhKapolresta Palembang, Kombes Pol Sabarudddin Ginting, berusaha memberikan pelayanan SIM terbaik.

“Kami mengutamakan pendekatan sosial dengan cara memberikan imbauan kepada masyarakat ketimbang memberikan tindakan. Dengan begitu, mereka memiliki kesadaran diri dan berinisiatif membuat SIM demi tertib hukum dan berlalu lintas,” tandasnya. (cj13/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 1 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: