Lagi, 10 Hektare Lahan Terbakar


Lagi, 10 Hektare Lahan Terbakar
Padamkan Api: Tim terpadu berjibaku memadamkan api yang melahap 10 hektare lahan gambut dan eks sawah warga di Dusun VII, Tebing Bulan, Sungai Keruh, Muba, kemarin (30/9)

________________________________________

SUNGAI KERUHTim terpadu terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Koramil Sekayu, Kecamatan Sungai Keruh dibantu warga memadamkan kebakaran lahan di Dusun VII, Tebing Bulan, sekitar pukul 15.00 WIB, kemarin (30/9). Setelah dikerah-kan tiga unit mobil pemadam kebakaran, kobaran api bisa dipadamkan selama dua jam.

Danramil Sekayu, Kapten Inf Heru Winardi mengaku, lahan yang terbakar adalah lahan gambut dan bekas sawah. Lahan tersebut, bagian kecil kebun milik warga. “Kobaran api dan asap putih yang membumbung tinggi sempat membuat warga Tebing Bulan panik,” ungkapnya.

Meski lahan yang terbakar jauh dari permukiman warga, pihaknya mengerahkan prajurit untuk membantu petugas BNBD dalam proses pemadaman api. “Kami belum mengetahui secara persis oknum yang melakukan pembakaran. Tapi kami menduga, kebakaran lahan berasal dari puntung rokok yang dibuang warga,” tegasnya.

Camat Sungai Keruh, Alam Sabit SSos menambahkan, pihaknya telah berulang kali memperingatkan warga agar tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan yang diigunakan sebagai lahan kebun maupun persawahan. “Kami tidak segan-segan melapor polisi, bagi warga yang melakukan pembakaran lahan,” janjinya.

Kepala BPB Kabupaten Muba, Sofyan Wahidoen mengaku, ada beberapa daerah yang masuk dalam kategori rawan kebakaran lahan. Ini karena, wilayah tersebut memiliki lahan gambut yang luas. Yakni Kecamatan Bayung Lincir, Kecamatan Lalan, Kecamatan Sungai Lilin, Kecamatan Sungai Keruh, serta Kecamatan Batang Hari Leko.

Perlu diketahui, kebakaran lahan terjadi juga di Kelurahan Mangunjaya, Kecamatan Babat Toman, tepatnya dekat eks Kilang Petro Muba, kemarin sekitar pukul 08.00 WIB. Namun, kebakaran lahan tidak meluas karena cepat dipadamkan warga. (yud/lia/ce5)

Sumatera Ekspres, Rabu, 1 Oktober 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: