Simpang Patal Tutup Sebagian


Alihkan Lalin MP Mangkunegara–AKBP Cek Agus

Simpang Patal Tutup Sebagian
Mulai Gali: Sejumlah pekerja berada di galian tengah untuk terowongan underpass simpang Patal. Proyek ini ditarget selesai Desember nanti

________________________________________

PALEMBANGProyek pembangunan underpass simpang Patal mulai memasuki pengerjaan utama, yakni pengerukan terowongan dari ruas Jl R Soekamto ke Jl Residen A Rozak. Agar pengerjaan ini tidak terganggu, dilakukan penutupan arus lalu lintas (lalin) kawasan simpang Patal.

“Saat ini simpang Patal tanpa traffic light. Untuk pengerjaan utama ini, persimpangan tidak bisa dilalui kendaraan sama sekali,” ujar PPK Jalan Jenderal Sudirman, Linkar Selatan Palembang dan sekitarnya, Harun Nurasyid, kemarin.

Dengan penutupan sebagian ini, kendaraan dari Jl MP Mangkunegara ke Jl AKBP Cek Agus tidak dapat lurus langsung melalui persimpangan. Kendaraan dari arah Kenten yang ingin ke kawasan Golf (Jl AKBP Cek Agus) atau arah PTC harus berputar di Jl Residen A. Begitu pun sebaliknya. Dari arah Golf tidak bisa langsung ke Jl MP Mangkunegara, tapi harus berputar di Jl R Soekamto (kawasan PTC Mall).

“Penutupan sudah dilakukan sejak Sabtu (20/9) lalu.” kata Harun. Pihaknya masih optimis proyek underpass ini dapat selesai tepat waktu. Rancangan pekerjaan September-Oktober, yakni mengerjakan install fragma wall, secant pile, dan abutment. November nanti, pengerjaan masuk tahapan capping beam diafragma wall, install voided slab, galian underpass, reservoir. “Desember, mengerjakan sebagian rigid ramp underpass serta finishing,” beber Harun.

Terkait penutupan sebagian simpang Patal ini, pihaknya telah memikirkan jalan alternatif untuk kendaraan. Kendaraan dari Kenten dan Pusri atau sebaliknya dapat melalui Pasar Perumnas atau Jl Sapta Marga. Kendaraan dari arah Kenten menuju Jl Jenderal Sudirman dan sebaliknya dapat melalui Jl Angkatan 66.

Kendaraan pribadi dari arah Pusri menuju Jl AKBP Cek Agus dapat melalui Jl Bukit Kenten. Sedangkan kendaraan dari arah Jl AKBP Cek Agus menuju Jl Kolonel H Barlian dan sebaliknya dapat menggunakan Jl May Sabara.

Selain jalan alternatif, pihaknya juga melakukan pelebaran sejumlah bahu jalan. Bahu jalan yang sudah dilebarkan, yakni Jl Residen Abdul Rozak dan Jl R Soekamto. “Kondisinya cukup lebar, sangat memungkinkan kendaraan untuk berputar arah sesuai dengan tujuan masing-masing,” imbuh Harun.

Ia berharap pengguna jalan dapat memaklumi kondisi ini. Tidak ada pekerjaan saja kawasan itu macet, apalagi adanya pengerjaan undepass seperti sekarang. Menurut Harun, pihaknya akan memperbaiki secara bertahap jalan yang rusak akibat dampak dari pengerjaan underpass ini. “Setelah pengerjaan selesai, kami pastikan tidak ada lagi jalan berlubang dan rusak lainnya,” pungkasnya. (chy/ce4)

Urai Macet, Tata Ulang Arus Lalu Lintas

PALEMBANGMengurai kemacetan yang makin marak terjadi , Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Dishubkominfo Sumsel, Satlantas, dan pihak terkait akan mengubah dan manata ulang arus lalu lintas (lalin) di Metropolis. Khusunsya di empat titik yang dianggap rawan macet.

“Akan diadakan penataan arus lalu lintas di kawasan Kantor Gubernur Sumsel, usul perubahan Jl Rudus Sekip Ujung menjadi sistem satu arah, usul pemindahan U-turn (putaran) di Jl Letjen Harus Sohar, dan pengaturan lalu lintas di kawasan underpass simpang Patal,” kata Kadishub Palembang, Masripin Thoyib, melaui Kabid Transportasi dan Rel, Agus Supriyanto, kemarin.

Dijelaskannya, jalan depan Kantor Gubernur akan ditutup dengan portal berbahan dasar fiber. Jadi, tidak ada lagi kendaraan yang putar-balik di sana. Penutupan telah dilakukan dua minggu terakhir dan akan dievaluasi dalam satu bulan.

“Kalau dinilai berhasil, baru akan ditutup permanen,” ucapnya. Portal rantai di Jl Kolonel H Barlian depan RS Myria juga akan diganti dengan portal besi sehingga tidak lagi dapat dilewati. Pengaturan Jl Rudus Sekip Ujung menjadi sistem satu arah yang dilakukan karena banyak kecelakaan terjadi di sana. Jalan Rudus itu hanya untuk kendaraan yang melintas dari Jl Basuki Rahmat. “Untuk rencana penutupan U-turn di Jl Letjen Harun Sohar depan RM Sederhana ini, akan dilakukan peninjauan langsung ke lapangan terlebih dahulu.

Pengecekan lokasi akan dilakukan secara bersama oleh Dishub Kota, Dishubkominfo Sumsel, Satlantas, dan lainnya sekitar satu minggu setelah pelaksanaan MTQ Internasioanl. “Sedangkan underpass, sudah dilakukan penutupan selama pengerukan terowongan,” tutur Agus.

Kabid LLAJ dan KA Dishubkominfo Sumsel, Sudirman menyatakan, pihaknya mendukung rencana pengaturan dan penataan ulang lalu lintas di Palembang. “Intinya, bagaimana dapat mengurai kemacetan yang terjadi,” tukasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menambah program agar masyarakat bisa memantau kemacetan di Metropolis. Layanan itu cukup dengan mengakses website Palembang.go.id. “Website Palembang.go.id dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang kondisi lalu lintas,” ujar Kepala Dinas Tata Kota, Isnaini Madani. (why/ce4)

Sumatera Ekspres, Kamis, 25 September 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: