Pisahkan Bentor Jadi Becak dan Motor


Pisahkan Bentor Jadi Becak dan Motor
Razia: Empat bentor yang terjaring razia diangkut mobil untuk dikandangkan ke kantor Dishub Palembang

________________________________________

PALEMBANG4 becak motor (bentor), 3 bus kota, dan 2 angkutan kota (angkot) terjaring razia Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang. Razia yang berlangsung di kawasan Kambang Iwak dan sekitaran Bukit Besar, kemarin (16/9).

Semua kendaraan yang terjaring terpaksa dikandangkan. “Kami mendapati bus dan angkot yang trayeknya sudah mati, terpaksa di bawa ke Dishub Kota untuk diamankan dan diproses. Sedangkan bentor, dikandangkan karena melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Kadishub Palembang, H Masripin Thayib melalui Kabid Pengawasan, Pengendalian, dan Operasional, Isranedy.

Razia bertujan mengurangi peredaran bentor yang makin marak. “Keberadaan bentor ini sangat mengganggu dan juga menambah kemacetan jalan,” imbuhnya. Karena tidak diatur dalam UU, operasional bentor dinilai berbahaya bagi keamanan penggunanya karena belum ada uji kelayakan.

“Seluruh bentor yang diamankan akan dipisahkan jadi becak dan motor. Setelah itu baru dikembalikan kepada pemiliknya. Mereka harus buat surat pernyataan jika kendaraan tersebut tidak akan diubah kembali menjadi bentor,” tegas Isranedy.

Penertiban dilakukan bertahap, hingga tak ada lagi bentor di Metropolis. “Jumlahnya sekarang kami prediksi sekitar 50 unit atau lebih,” cetusnya. Lima bus dan angkot akan dikembalikan dengan syarat harus jadi kendaraan pelat hitam dan tidak bisa lagi jadi angkutan umum,” tukas Isranedy. (chy/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 17 September 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: