Polisi Tangkap Polisi


Pungli Truk di Jalintim

Polisi Tangkap Polisi

PALEMBANGTiga orang oknum angota Satuan Sabhara Polres Banyuasin tertangkap tangan langsung oleh Kasubbid Provos, Bid Propam Polda Sumsel, AKBP Rantau Isnur Eka SIk sedang melakukan pungutan liar (pungli) truk yang melintas di jalan lintas timur (jalintim) Palembang-Pangkalan Balai, Banyuasin, Jumat (12/9).

Ketiga oknum polisi yang berinisial Brigadir Ant, Briptu And, dan Bripda MS beserta mobil dinas double cabin milik Sat Sabhara Polres Banyuasin itu langsung diamankan ke Mapolda Sumsel untuk penyelidikan lebih lanjut.

Informasi yang diperoleh, ketiganya melakukan pungli dengan cara menyetop bahkan mengejar truk yang melintas. Aksi tersebut diduga bukan hanya sekali silakukan, melainkan hampir setiap malam, dan membuat para sopir truk resah dan melaporkannya ke para petinggi di Polda Sumsel.

Kabid Propam Polda Sumsel, Komes Pol Yohanes Dikdik P melalui Kasubbid Provos, AKBP Rantau Isnur Eka SIk yang ditemui Wartawan Koran ini kemarin mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya itu berdasarkan adanya laporan dari masyarakat yang masuk ke pimpinan Polda Sumsel terkait masih adanya pungli.

“Masyarakat jadi mengeluh dan itu juga menjadi atensi dari pimpinan. Makanya kita merespon apa yang diadukan masyarakat itu. Ternyata memang benar apa yang dilaporkan masyarakat itu, sehingga kita mengamankan ketiga orang oknum polisi itu, saat sedang melakukan pungli ke sopir-sopir truk,” ucap Rantau saat ditemui di ruangannya, kemarin (12/9).

Menurut perwira menengah dengan dua melati di pundaknya ini, tindakan pungli itu menjadi atensi dari pimpinan Polda Sumsel. “Yang kita lakukan itu juga untuk membangun trans building di kepolisian guna terciptanya pelayanan prima,” tegasnya.

Apakah ketiga oknum polisi itu ditahan? Rantau menerangkan, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan awal setelah tertangkap tangan melakukan pungli itu. “Setelah kita buat Berita Acara Pemeriksaan (BAP), maka ketiga oknum polisi itu kita serahkan ke satuan wilayah (satwil) masing-masing. Karena nanti Ankumnya yang bakal melakukan tindakan,” tukasnya.

Pantauan Sumatera Ekspres, sekitar pukul 14.30 WIB kemarin, mobil dinas Sat Sabhara Polres Banyuasin sudah diambil anggota Polres Banyuasin, setelah sebelumnya diamankan di samping pos Provos Mapolda Sumsel. Sedangkan ketiga oknum polisi itu masih masih menjalani pemeriksaan di Ruang Riksa Subbid Provos Polda Sumsel.

Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP M Iksan membenarkan anggota yang tertangkap tangan itu merupakan anggotanya, dan Iksan juga mempersilakan kepada pihak penyidik Polda Sumsel untuk melakukan proses.

“Memang benar ketiganya anggota saya dan mereka ini sudah tiga kali ditangkap oleh Bid Propam Polda karena melakukan kasus yang serupa. Jadi saya harap mereka ini diberi sanksi sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujarnya ketika dikonfirmasi melalui ponselnya tadi malam. (cj13/war/ce1)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 13 September 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: