Segera Keruk Bagian Tengah


Progres Underpass Capai 56 Persen

Segera Keruk Bagian Tengah
Macet dan Berdebu: Pengerjaan underpass simpang Patal membuat kawasan tersebut macet dan berdebu dalam waktu cukup lama. Targetnya, pembangunan fisik kelar Desember mendatang

_________________________________________

PALEMBANGPerkembangan terbaru proyek underpass simpang Patal, dalam waktu dekat akan melakukan pengerukan bagian tengah jalan untuk membuat terowongan. Pengerukan dilakukan pada ruas Jl R Sukamto hingga Jl Residen A Rozak.

Rencana itu diungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Jenderal Sudirman, Lingkar Selatan Palembang dan sekitarnya, Harun Nurasyid, kemarin (1/9). Katanya, pengerukan tanah hingga membentuk terowongan (underpass) ini akan lumayan makan waktu.

“Kami optimis bisa diselesaikan akhir tahun. Sekarang ini, fisik underpass mencapai 56 persen,” bebernya. Sebelum dilakukan pengerukan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan membuat dinding penahan. Kontruksinya harus benar-benar kuat menahan beban kendaraan yang akan melintas d atas terowongan nantinya.

Selama pengerjaan dinding penahan ini, kendaraan masih bisa melintas bagian pinggir jalan. “Butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan dinding penahan ini,” imbuh Harun. Pengerjaannya sendiri suah berlangsung sejak satu minggu. Bersamaan dengan itu, dilakukan pelebaran jalan untuk menekan kemacetan kendaraan yang semakin parah.

“Saat ini sedang dilakukan pelebaran Jl MP Mangkunegara dan Jl AKBP Cek Agus sepanjang 150 meter dari simpang Patal. Pelebaran ini utamanya untuk mencegah kemacetan kendaraan yang melintas dari arah Kenten menuju Pasar Kuto,” jelasnya.

Di sisi lain, polusi karena debu yang beterbangan di kawasan simpang Patal jadi persoalan lain di bidang lingkungan. “Tapi bagaimanapun, pengerjaan harus terus dilakukan. Kalau ini selesai, maka mampu mengurai kemacetan dalam jangka panjang. Dengan dukungan semua pihak, ini akan segera selesai,” tukas Harun. (chy/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 2 September 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: