Replika Ka’bah Sudah 62 Persen


Akhir September Diresmikan

PALEMBANGAsrama Haji Palembangmenjadi embarkasi dan debarkasi setiap musim haji akan segera memiliki replika Ka’bah ukuran sebenarnya. Saat ini pembangunan fisiknya sudah mencapai 62 persen. Targetnya, akhir September ini diresmikan.

Augie Bunyamin, Direktur Utama Swarna Dwipa yang mengelola kompleks Asrama Haji Palembang menjelaskan, replika Ka’bah ukuran sebenarnya itu memang sengaja dikebut pengerjaannya.

“Memang tidak sempat dimanfaatkan pada musim haji tahun ini, tapi sudah bisa dimanfaatkan untuk simulasi haji tahun depan,” katanya. Untuk mempercepat selesainya fisik bangunan, ada 17 pekerja yang dipekerjakan. Replika itu akan dibuat serupa dengan aslinya.

Replika Ka’bah tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektare. Tak hanya itu, juga dilengkapi pula dengan lintasan sa’i, hotel syariah, dan museum koleksi benda-benda sejarah Islam. “Sumsel merupakan provinsi pertama yang punya semua fasilitas ini,” bebernya.

Pembangunan fasilitas untuk simulasi haji itu dilakukan BUMD PD Swarna Dwipa dengan penyertaan modal dari Pemprov Sumsel sebesar Rp 12 miliar. “Untuk dana yang dibutuhkan membangun semua fasilitas di kawasan Asrama Haji Palembang, diperkirakan menelan dana Rp 80 miliar. Itu akan bertahap dibangun,” tukasnya.

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: