Perbolehkan Tower Kamuflase


Perbolehkan Tower Kamuflase
Seperti Pohon: Salah satu tower kamuflase di kawasan Sukarami. Karena berbentuk seperti pohon, keberadaannya agak tersamar di tengah rimbun dan hijaunya pepohonan yang ada

_________________________________________

PALEMBANGDinas Tata Kota Palembang memperbolehkan tower kamuflase menyerupai pohon dan berbagai bentuk lainnya. Dengan catatan, pendirian tower harus tetap mengantongi izin serta memenuhi persyaratan yang berlaku.

“Kalau tujuan pembangunan baik, dengan berbentuk seperti pohon dan lainnya, justru bagus. Kamuflase itu bernilai estetika. Malah, sekarang ada bentuk seperti menara masjid, penampungan air, dan lainnya,” ungkap Kepala Dinas Tata Kota, Isnaini Madani, kemarin.

Dengan indahnya bentuk-bentuk tower kreatif itu, secara tidak langsung menambah keindahan tata ruang Metropolis. Keindahan wilayah udara Pelambang juga tetap trjaga. “Yang penting, sebelum mendirikan tower, harus mengurus izin penyelenggaraan menara ke Dinas Kominfo dan izin mendirikan tower ke Dinas Tata Kota,” imbuhnya.

Diakui Isnaini, sejumlah tower sudah berdiri, tapi belum mengantongi izin. Tower ilegal ini harus dibongkar. “Sebelumnya, sudah diberikan surat peringatan (SP) 1 selama tiga hari, lalu SP 2 selama tiga hari, dan SP 3 tujuh hari kepada pemilik tower. Jika ttap melanggar, keluar SP 4 dari Wali Kota kepada Satpol PP untuk melakukan pembongkaran,” bebernya.

Sudah banyak tower ilegal yang dibongkar. Selain tower, pihaknya juga terus menertibkan papan nama dan tiang. Telah dilakukan pembongkaran di Jl Jenderl Sudirman, Jl Ryacudu, Jl GHA Bastari, Jl DI Panjaitan, Jl A Yani, Jl Basuki Rahmat, dan Jl R Sukamto.

“Disarankan kepada masyarakat untuk membentuk papan nama secara kolektif dengan neon boks. Kami imbau, satu masa bangunan hanya boleh satu reklame bertiang dengan desain yang bagus dan dipasang lampu serta harus mempunyai izin,” imbuh Isnaini. (chy/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 2 September 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: