Dongkrak Investasi, Bukti Sumsel Maju


Dongkrak Investasi, Bukti Sumsel Maju PALEMBANGAdanya pembangunan showroom khusus mobil premium (mewah) di Palembang dengan nilai investasi Rp50-Rp60 miliar direspon positif banyak pihak. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Ir Permana MM menyatakan, masuknya investasi showroom mobil “kelas atas” itu membuktikan tingkat konsumsi tersier di Sumsel, khususnya Palembang, tumbuh pesat.

“Pastinya, kami sangat mendukung. Ini membuktikan Sumsel yang merupakan bagian representatif dari Sumbagsel dan Sumatera dengan konektivitas ke daerah lain sudah begitu maju,” imbuh Permana.

Dibangunnya showroom senilai Rp50-Rp60 miliar diyakininya tak terlepas dari kontribusi kalangan jetset (orang superkaya). Permana optimis, keberadaan showroom mobil mewah ini akan berdampak positif bagi pembangunan serta perekonomian Palembang dan Sumsel.

“Keberadaan showroom tersebut akan mendukung keinginan untuk membeli dan purna jual mobil mewah itu sendiri,” jelasnya. Ditambahkan Permana, jumlah pengguna mobil mewah di Sumsel baru berkisar dua persen dibanding pengguna mobil emua jenis dan merek.

Tapi, dengan hadirnya showroom khusus mobil mewah, diyakini kalau pengguna mobil mewah supermahal akan bertambah. “Para penggemar dan pengguna mobil mewah pastinya akan mampir untuk melihat langsung. Hal inilah yang tidak didapatkan selama ini karena pembelian masih dengan sistem pemesanan,” tuturnya.

Di sisi lain, keberadaan showroom mobil mewah ini akan menggerakkan persaingan bisnis automotif di Sumsel. Bisa jadi, tumbuh usaha rental mobil mewah untuk keperluan event-event bertaraf internasional.

“Seperti SEA Games lalu, dibutuhkan 10 mobil Mercy. Karena di Sumsel tidak ada tipe yang diinginkan, terpaksa mendatangkan dari Jakarta untuk tamu-tamu dari Arab,” beber Permana.

Komentar senada disampaikan Direktur Utama Hotel Swarna Dwipa Palembang, Augie Buyamin. “Dengan adanya showroom besar dan khusus mobil mewah, itu berarti Provinsi Sumsel sudah maju. Ini juga mendukung wacana kota internasional sesuai misi Wali Kota Palembang dan Gubernur Sumsel,” katanya.

Yang pasti, keberadaan showroom ini akan melahirkan keinginan untuk membeli mobil-mobil mewah. “Orang-orang kaya bisa membeli dan memilih mobil mewah yang diinginkan sesuai kondisi keuangan mereka. Layanan purna jual mobil mewah juga terjamin dan masyarakat harus siap untuk ini,” tandasnya.

Dukungan juga diberikan Pemkot Palembang. Kabid Pelayanan Perizinan dan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang, Yan Sabar Sihotang mengatakan, pihanya memang belum tahu adanya pembangunan showroom mobil mewah dengan investasi puluhan miliar di dekat Bandara SMB II.

“Kalau benar ada, kami sangat mendukung. Selain dapat mengurangi angka pengangguran, juga dapat menjadikan Kota Palembang makin maju dan berkembang,” katanya. Ia hanya mengingatkan untuk mengurus perizinannya. Diakui Yan, tahun ini banyak investasi masuk dibidang usaha.

Sepanjang 2014 ini, BKPMD Palembang menargetkan pertumbuhan investasi masuk mencapai Rp 10,5 miliar. “Target pertumbuhan investasi ini lebih besar dari tahun lalu yang hanya Rp 9 miliar lebih,” ucapnya. Hingga Agustus lalu, yang terealisasi sekitar Rp 4 miliar. Karena itu, pihaknya terus menggenjot investasi yang ingin menanamkan modalnya di Palembang, apa pun bentuknya.

Mantan Ketua KONI Sumsel, H Muddai Madang, juga menyambut baik dibangunannya showroom khusus mobil-mobil premium di Palembang. Pemilik mobil Rubicon dan Mercedes Benz ini mengatakan, dengan adanya showroom plus bengkel dan sparepart di Palembang, mereka sebagai pemilik mobil premium tidak perlu lagi mendatangkan teknisi khusus dari Jakarta.

Diakuinya, Selama ini, jarang ada yang punya tempat perawatan (service) khusus untuk mobil mewah. Bahkan, tidak ada teknisi mobil kelas premium. “Mau tidak mau, kita datangkan teknisi dari Jakarta. Kalau ada kerusakan dan service, serta memerlukan suku cadang, juga harus beli di Jakarta. Tapi dengan ada di Palembang, jadi lebih mudah,” pungkasnya. (wia/chy/bsp/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 2 September 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: