Bangun Showroom Mobil Mewah


Bentuk Kapal, Investasi capai Rp50-Rp60 M

Bangun Showroom Mobil Mewah
Desain: Inilah desain showroom, khusus mobil-mobil mewah, berbentuk kapal yang akan dibangun di Palembang, tepatnya arah Bandara SMB II

________________________________________

PALEMBANGKota Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumsel membuktikan dirinya sebagai tempat yang ramah untuk berinvestasi. Mulai hari ini (1/9), akan dibangun showroom khusus yang akan menawarkan mobil-mobil kelas premium (mewah, red). Mau tahu nilai investasinya? Rp50-Rp60 miliar.

“Tiang pancang sudah. Besok (hari ini), akan dimulai pembangunan fondasinya,” kata Kurmin Halim SH, pengusaha yang akan membangun showroom tersebut, kepada Sumatera Ekspres, kemarin. Targetnya, Desember 2015 selesai.

Lokasi showroom berdesain kapal tersebut di kawasan dekat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Bangunan dua tingkat seluas 6.000 meter persegi itu akan dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi. “Bangunan showroom berbentuk kapal ini satu-satunya di Indonesia. Ini akan jadi ikon baru di Palembang,” ucap pengusaha kapal penumpang itu.

Diakui Direktur Utama Express Bahari tersebut, untuk investasi ini, dia join dengan investor lokal dari Jakarta. Konsep dari showroom ini, dimana pengunjung yang datang merasa berbeda dengan showroom lain kebanyakan. Bangunan dalam showroom tersebut tidak akan dijejali mobil.

“Paling akan dipamerkan 10 unit mobil dari berbagai tipe, khususnya kelas premium, mewah. Harga mobil itu berkisar Rp 1 miliar atau lebih. Misalnya Ferrari, Lamborghini, Mercy, BMW, Land Cruiser, dan lainnya,” ungkapnya. Lantai satu diisi lima mobil dan lima mobil lagi di lantai dua. Sehingga meski itu sebuah showroom, akan tetap terlihat luas.

Pengunjung bisa dari dekat mengelilingi mobil-mobil mewah tersebut. Showroom ini akan dilengkapi dengan bengkel dan jug suku cadang (sparepart) sehingga tercipta one stop service. Dijelaskannya, pada lantai satu, akan dilengkapi dengan kafe. Dimana, pengunjung, termasuk pemilik mobil yang datang, bisa bersantai di sana sembari menikmati makanan dan minuman. “Akan disediakan seluruh jenis kopi di sana,” ucap Kurmin.

Pada lantai dua, ada restoran yang menyediakan aneka kuliner, seperti masakan Amerika dan Eropa, termasuk wine dan cerutu. Dengan semua fasilitas dan kenyamanannya, belum afdol kalau pemilik dan penggemar mobil mewah tak mampir ke tempat ini. Apalagi, di sana akan disiapkan pula motor gede. Khusus bengkel, spesialis untuk mobil built up, tapi bisa juga untuk umum. Peralatan dan perbaikan di bengkel tersebut akan digunakan teknologi tercanggih saat ini.

Menurut Kurmin, akan disiapkan pula ruang hi-tech, seperti ruang ICU-nya rumah sakit. “Jika ada mobil mewah yang harus diperbaiki, akan terlebih dahulu dicek dengan computerize system. Pendeteksiannya di ruang tersebut,” katanya. Seluruh desain bangunan showroom hingga detail di dalamnya, termasuk konsep tata ruang, didesan khusus oleh konsultan khusus.

Dengan lokasi hanya sekitar 5 menit dari Bandara SMB II, Kurmin optimis showroom tersebut akan jadi tempat singgah yang nyaman. Termasuk pilihan bagi para tamu dan pebisnis menunggu jadwal keberangkatan penerbangan. “Karena itu, kami siapkan ruang untuk meeting di sana, plus wifi gratis,” imbuhnya.

Bagi pemilik mobil yang akan service mobilnya di sana, kemudian terbang ke luar Palembang, dapat sekalian menitipkan mobilnya di showroom tersebut. Akan disiapkan mobil antar jemput sebagai layanan plus terhadap pemilik mobil yang service di sana. Diakuinya, tidak sebentar untuk investasi sebesar itu mencapai BEP (break event point).

Penyuka mobil sport ini menyatakan, bisnis ini merupakan investasi jangka panjang. Ke depan, bukan dia yang akan mengelolanya, tapi sang anak yang saat ini sedang dikuliahkan Kurmin ke luar negeri. Anaknya juga belajar automotif agar pada saatnya mampu mengembangkan usaha tersebut. “Jadi, tidak berpikir kapan balik modalnya. Malah target setelah showroom ini beroperasional adalah mendapatkan ISO,” cetusnya.

Investasi “gila” ini bukan dilakukannya tanpa pikir panjang. Di Palembang, mungkin banyak yang membeli dan menggunakan mobil mewah. Di antaranya dari kalangan pengusaha. Namun memang, banyak pula penggemar mobil high class ini yang menahan diri untuk tidak membeli karena ketiadaan bengkel khusus untuk service dan perbaikan. Sedangkan jika memanggil teknisi dari Jakarta untuk memperbaiki mobil di Palembang, butuh ongkos dan biaya yang besar.

“Karena itu, saya yakin dengan adanya showroom ini plus bengkel dan sparepart-nya, akan banyak yang membeli,” bebernya. Kurmin juga menargetkan Jambi sebagai wilayah sasaran pasar mobil mewah showroom-nya tersebut. Bagi pelanggan akan dibuatkan member card khusus yang juga berfungsi sebagai kunci pintu masuk ke dalam showroom. Member card ini berisi data dan mobil yang dimiliki.

Untuk memesan makanan dan minuman, pengunjung cukup memilihnya di tablet yang sudah diprogram khusus dengan rincian menu dan harga. Pesanan di tablet itu akan terkirim online ke bagian “dapur” kafe dan restoran di showroom tersebut. Nantinya, pelayan hanya mengantarkan menu pesanan ke meja para pengunjung.

Disiapkan ruangan khusus untuk pengunjung merokok. Di lantai paling atas dengan view terbuka, pengunjung dapat melihat pesawat terbang dan mendarat dari dan ke Bandara SMB II. “Intinya, kami berusaha membuat pengunjung nyaman dan rileks, seperti mereka di rumah sendiri. Utnuk kafe dan restoran, kemungkinan akan buka hingga malam. Bisa juga untuk pesta eksklusif yang tak terlalu banyak undangan,” tutur Kurmin.

Untuk mengelola “mal mobil” ini, Kurmin menggandeng para manajer yang berjiwa entertain. Saat ada artis ke Palembang, akan diupayakan mampir ke showroom tersebut. “Nantinya, mereka lah yang akan menyebarluaskan keberadaan showroom khusus mobil-mobil premium ini ke luar Palembang,” tukasnya. (tha/ce4)

Picu Investasi Lain

Pengamat ekonomi, Yan Sulistyo mengatakan, Sumsel sekarang, khususnya Palembang, sudah sangat maju dan berkembang dalam segala hal. Kondisi perekonomian juga terus membaik. Pertumbuhan jumlah kendaraan jadi salah satu indikasi positif.

Ada banyak faktor yang memengaruhi, salah satunya tingkat investasi dan adanya investasi di bidang automotif berupa showroom plus bengkel dan sparepart untuk mobil-mobil premium (mewah) sedikit banyak jelas akan berkontribusi terhadap kemajuan Palembang.

“Saat ini, banyak orang kaya di Sumsel,” katanya. Akan segera hadirnya showroom mobil mewah diyakini akan semakin memperkuat daya beli masyarakat serta mengarahkan orang-orang kaya dan superkaya di Sumsel untuk beralih dari mobil biasa ke mobil mewah.

Pecinta mobil mewah akan lebih mudah mendapatkan mobil merek terkenal, seperti Mercedes Benz, Ferrari, Lamborghini, Jaguar, dan lainnya. “Tidak perlu pemesanan dalam jangka waktu lama. Dengan adanya showroom khusus itu, itu berarti display mobil yang diinginkan sudah tersedia,” imbuh Yan.

Menurutnya, investasi tersebut perlu didukung dengan seringnya pameran mobil-mobil mewah yang dapat menarik minat masyarakat. Palembang sebagai kota metropolitan dan ibu kota Provinsi Sumsel jelas punya peluang besar dalam bisnis ini.

Keberadaan showroom mobil jenis premium tersebut akan memancing para pelaku jual beli mobil lainnya. Secara otomatis, pasar mobil mewah akan terbentuk dengan sendirinya. “Semua akan ikut pastinya. Jika showroom mobil mewah besar benar akan dibangun di Palembang, semakin banyak juga pelaku usaha yang membuka usaha sejenis,” tandas Yan. (wia/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 1 September 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: