Mekarkan SU I dan IT II


Wawako Bilang Sudah Layak

Mekarkan SU I dan IT II PALEMBANGDua kecamatan di Metropolis masuk target pemekaran. Yakni Seberang Ulu (SU) I dan Ilir Timur (IT) II. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang hingga sekarang masih mengkaji rencana pemekaran dua kecamatan itu.

Adanya rencana pemekaran ini diungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, H Harnojoyo, kemarin. “Kalau menurut kami, beberapa kecamatan sudah layak dimekarkan. Khususnya untuk SU I dan IT II yang memang dinilai sudah padat penduduk dan sudah memenuhi persyaratan untuk dilakukan pemekaran wilayah,” katanya.

Pemekaran dua kecamatan ini masih dalam proses pengkajian di Bagian Tapem (Tata Pemerintah) Setda Kota Palembang. “Sedang dilakukan kajian terhadap luas wilayah, potensi lahan, jumlah penduduk, pemetaan dan lainnya. Prosesnya masih berjalan,” imbuh Harnojoyo.

Ditambahkannya, Pemkot Palembangtidak memasang target atau deadline. Namun, rencana itu akan dikebut. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa terlaksana mengingat rencana pemekaran ini memang sudah dibahas sejak dahulu,” cetus Harnojoyo.

Pemekaran wilayah dilakukan supaya pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat dapat berkembang dengan pesat. “Segala akses dan pelayanan terhadap masyarakat dapat dilaksanakan dengan cepat dan bisa segera terlayani dengan adanya pemekaran wilayah kecamatan ini,” tuturnya.

Camat SU I, Novran Hansya Kurniawan SSTP mengatakan, pemekaran kecamatan yang dipimpinnya memang sangat mungkin untuk dilakukan. “Penduduk SU I sudah sangat banyak dan selalu bertambah,” ucapnya.

Saat ini, tercatat ada 165 ribu yang tinggal di Kecamatan SU I. Luas wilayah kecamatan ini 2.545 ha (hektare), terdiri dari 10 kelurahan. Rencananya pemekaran SU I sudah mencuat sejak 2012 lalu.

“Jika nanti jadi mekar, maka akan ada pemekaran kelurahan, mengingat sebagian sudah overkapasitas penduduknya, seperti Kelurahan 5 Ulu, 15 Ulu, dan beberapa yang lainnya,” beber Novran.

Seandainya jadi dimekarkan, patokannya bisa pada batas alam, jalan dan sungai. “Misal, diambil dari jalan utama, Jl KH Wahid Hasyim. Yang mengarah ke darat hingga Jakabaring menjadi wilayah kecamatan baru. Sedangkan yang mengarah ke Sungai Musi, akan tetap jadi kecamatan lama,” bebernya.

Dengan begitu, ada enam kelurahan yang masuk wilayah kecamatan baru, Yakni Kelurahan Tuan Kentang, 8 Ulu, Silaberanti, 15 Ulu, dan satu kelurahan baru yang merupakan pemekaran dari 15 Ulu.

Terpisah, Camat IT II, Syahiruligama menyatakan, wilayah kecamatan yang dipimpinnya punya luas 2.142,8 ha. Penduduknya mencapai 176 ribu jiwa, tersebar pada 12 kelurahan. “Jadi sangat memungkinkan untuk dilakukan pemekaran wilayah,” imbuhnya. (chy/way/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 27 Agustus 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: