Cari Peluang Investasi di Sumsel


Salah Satu Fokus Bidang Pendidikan

Cari Peluang Investasi di Sumsel
Temu Perdana: Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, berbincang hangat seputar investasi dan kerja sama dengan Konjen AS, Mr Robert Ewing, di ruang VVIP Bandara SMB II, kemarin.

_________________________________________

PALEMBANGPemprov Sumsel sepakat menjalin kerja sama konkret dan berkesinambungan dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) yang berkantor di Medan. Hasil positif itu buah pertemuan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dengan Konjen AS, Mr Robert Ewing, yang kemarin tiba di Palembang.

Disepakati, secepatnya ada kerja sama di berbagai bidang, terutama pendidikan. “Ini kunjungan pertama saya ke Sumsel. Saya baru ditugaskan ke Indonesia mulai Juni lalu. Di sini untuk berdiskusi mengenai dunia pendidikan di Sumsel dan kami juga ingin bekerja sama untuk itu,” ujar Robert di ruang VVIP Bandara SMB II, kemarin (21/8).

Pemerintah AS juga ingin mengembangkan kerja sama di bidang perekonomian, sosial, maupun lingkungan. Tak mau ketinggalan, Robert bahkan melihat gambaran proyek Kawasan Ekonom Khusus (KEK) Tanjung Api-Api.

“Saya sangat senang dengan dukungan Pemda setempat terhadap bisnis Amerika yang ada di Sumsel. Untuk itu, kami juga ingin membangun kembali kerja sama dalam pembangunan infrastruktur di Sumsel ke depan,” tuturnya.

Untuk mendorong kerja sama di bidang pendidikan, pihaknya pun menawari Gubernur Sumsel untuk mengambil program andalan di Amerika Serikat. “Kami menawarkan program andalan , yakni International Leadership Program (program kepemimpinan) bagi calon pemimpin di Sumsel. Jadi, nantinya akan sangat besar peluangnya dalam mendapatkan studi di Amerika,” bebernya.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerding mengatakan, kedatangan Konjen AS ke Sumsel sebagai langkah pengenalan karena baru bertugas di Indonesia. Keduanya membahas prospek lebih lanjut atas kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan lainnya.

Ditambahkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Drs H Akhmad Najib, AS sedang mencari peluang baru investasi di Sumsel. “Karena itu, pak Gubernur menjabarkan proyek KEK TAA dan banyak program lain yang juga ditawarkan. Ternyata, mereka berminat dan meminta bahan lebih detail,” tuturnya.

Untuk lebih memperjelas kondisi Sumsel dan peluang investasinya, Gubernur Sumsel diundang pada pertengah September mendatang ke Medan dan melakukan pembicaraan lebih mendalam. “Intinya, mereka ingin mengembangkan investasi yang ada di Sumsel. Kerja sama dalam bidang pendidikan, tenaga kerja jangka pendek, pengelolaan sampah, kualitas air, dan sebagainaya. Pastinya kita terima. Secepatnya hal ini akan dibicarakan lebih intensif,” tandasnya. (wia/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 22 Agustus 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: