Siswa Dilarang Beli Buku Bekas


Tidak Sesuai dengan Materi Kurikulum 2013

Siswa Dilarang Beli Buku Bekas
Cari Buku Bekas: Beberapa wali siswa mencari buku bekas jelang tahun ajaran baru 2014/2015. Diknas mengimbau siswa dan orang tua tidak membeli buku bekas untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Sebab, Kemendikbud sudah menyiapkan buku kurikulum 2013 yang materinya berbeda dengan buku pelajaran terdahulu

_________________________________________

PALEMBANGSeluruh siswa dari jenjang pendidikan SD hingga SMA, yang menerapkan kurikulum 2013, diwajibkan menggunakan buku kurikulum 2013 yang sudah disediakan pihak sekolah. Pasalnya, buku tersebut sudah menjadi referensi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sudah menunjuk penerbit tertentu untuk mendistribusikan buku ke sekolah-sekolah yang sudah melakukan pemesanan buku.

“Sekolah harus mengimbau kepada siswa dan orang tua supaya tidak membeli buku di luar. Terlebih, membeli buku bekas karena buku pelajaran sudah disiapkan pemerintah pusat,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SMP-SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Lukman Haris, kemarin (13/7).

Dikatakan Lukman, buku bekas tentunya tidak sesuai dengan materi kurikulum 2013. Karena buku bekas masih nengadopsi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). “Jadi, sia-sia saja kalau membeli buku bekas karena materinya berbeda dan tidak akan sesuai dengan implementasi kurikulum 2013,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, sekolah sangat berperan untuk memberitahukan supaya siswa dan orang tua jangan gegabah membeli buku pelajaran selain buku dari sekolah. “Ini harus disosialisasikan, terutama bagi sekolah yang sampai saat ini belum mendapatkan distribusi buku kurikulum 2013,” terangnya.

Sementara itu, Rohima, salah satu orang tua siswa SMPN 3 Palembang, mengaku belum mengetahui persis terkait pelarangan untuk membeli buku bekas. “Saya tidak tahu kalau buku sudah disiapkan oleh sekolah. Belum ada pemberitahuan dari pihak sekolah,” imbuhnya.

Diketahui, mulai tahun ajaran baru ini, seluruh sekolah akan menyelenggarakan kurikulum 2013 sebagai pengganti KSTP san siswa yang akan menerapkan kurikulum 2013 yaitu siswa SD kelas I, II, IV, V, SMP VII, VIII, dan SMA kelas X, XI. (cj4/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 14 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

One Response to Siswa Dilarang Beli Buku Bekas

  1. waduhhhhhh… http://cicakkreatip.com/2014/07/14/helm-gm-vintmembuat-berkendara-di-jaman-lawas-jadul/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: