Mengapa Sedih? Romi Masih Wako


Gubernur Semangati Pemkot

Mengapa Sedih? Romi Masih Wako PALEMBANGSehari pascaditetapkannya Wali Kota Palembang H Romi Herton dan istrinya, Hj Masytho, sebagai tersangka oleh KPK, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin langsung beraksi. Kemarin (11/7), didampingi Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman, Gubernur berkunjung ke Kantor Wali Kota Palembang.

Kunjungan itu diwarnai pertemuan di ruang Parameswara. Pertemuan itu dipimpin langsung Gubernur. Hadir Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo dan Sekda Kota Palembang, Ucok Hidayat. Hadir para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), camat dan lurah di lingkup Pemkot Palembang.

Tampak jelas kelesuan dari wajah-wajah pejabat yang hadir saat itu. Mereka seperti tidak bersemangat. Kondisi ini rupanya diketahui Gubernur. “Kenapa semuanya seperti lesu dan tidak bersemangat,” celetuk Alex.

Ia pun menegaskan status Romi Herton yang sekarang terbelit persoalan hukum. “Saya jelaskan sekali lagi bahwa beliau (Romi Herton) sampai sekarang masi menjabat sebagai wali kota Palembang. Kalau sudah ke pengadilan, beliau menjadi terdakwa, maka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan memberhentikannya sementara sampai keputusan pengadilan keluar,” katanya.

Selama Romi ditahan, Wakil Wali Kota H Harnojoyo yang akan menjalankan tugas-tugas wali kota. “Kalau beliau (Romi) sudah diberhentikan sementara oleh Mendagri, maka Wakil Wali Kota akan menjadi pelaksana tugas (plt) wali kota atas rekomendasi gubernur.” tuturnya.

Tentu saja ada pembatasan kebijakan strategis yang boleh diambil seorang plt. Berbagai keputusan penting harus ada rekomendasi dari gubernur. “Tapi kalau kemudian beliau terbukti bersalah dan dipidana, maka secara otomatis wakil wali kota naik menjadi wali kota,” imbuh Alex.

Tak hanya menjelaskan itu, tujuan gubernur datang ke Pemkot Palembang untuk memberikan arahan, membangkitkan semangat, serta mempersatukan gerak dan langkah seluruh jajaran pemkot. “Kalau ada urusan surat menyurat biasa, ada wakil wali kota. Ada Sekda yang bisa mewakili untuk menandatangani berbagai administrasi. Tapi saat ada aturan yang harus ditadatangani langsung oleh wali kota, maka beliau tetap bisa menandatanganinya,” ungkap Gubernur.

Alex menegaskan, tidak boleh ada pejabat yang dimutasi. Kecuali kalau ada jabatan kosong maka harus diisi dengan surat keputusan (SK) dari gubernur. “Jangan sedih berkepanjangan. Kita memang prihatin dengan kejadian ini. Tapi kita harus jadikan kejadian ini untuk lebih bersemangat dan berbuat lebih baik lagi,” imbuhnya.

Ditambahkan Alex, sudah banyak prestasi yang dicapai Kota Palembang. Terakhir meraih Adipura Kencana setalah tujuh kali berturut-turut meraih Adipura. Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo didampingi Sekda Kota Palembang Ucok Hidayat memilih tidak bicara banyak.

“Tadi kan sudah disampaikan gubernur apa yang terjadi pada saat ini. Tolong dimaklumi karena dalam saat ini, Pemkot Palembang sedang mendapat musibah,” katanya.

Terkait penahan Romi, dia mengatakan kalau semua sudah ada aturan dan mekanismenya. “Kita serahkan saja sesuai aturan,” tegasnya. Harnojoyo mengungkap, dalam waktu dekat dia akan menjenguk Wali Kota di Jakarta. “Akan dikoordinasikan lagi waktunya. Yang jelas, kami pasti akan menjenguk Pak Romi,” tukasnya. (cj6/ce1)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 12 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: