Tak Ada Tes Susulan


Pelaksanaan PPDB hanya Sekali

Tak Ada Tes Susulan | LEMABANG 2008 -- Berita, Photo, dan Wallpaper
Daftar Ulang: Tampak sejumlah orang tua saat melakukan daftar ulang anaknya yang diterima di SD Negeri 179 Palembang setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD, kemarin

________________________________________

PALEMBANGDinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang menegaskan kepada sekolah negeri untuk tidak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD–SMA dengan sistem periode. Karena hal tersebut melanggar aturan dan mulai tahun ini pelaksanaan PPDB di Kota Palembang dilakukan serentak.

Kepala Bidang (Kabid) SMP–SMA Disdikpora Kota Palembang, Lukman Haris mengatakan, tidak ada istilah tes PPDB susulan yang dilakukan oleh sekolah negeri, baik jenjang SD maupun SMA.

“pelaksanaan PPDB hanya dilakukan satu kali. Kalau ada sekolah negeri yang melakukan tes susulan, akan diberi sanksi. Karena hal tersebut tentunya melanggar aturan. Kami minta pihak sekolah untuk tidak melanggar aturan yang sudah dibuat,” ujarnya, kemarin (7/7).

Dijelaskannya, mulai tahun ajaran baru ini, karena setiap sekolah menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, siswa yang mengikuti tes peminatan dilakukan saat masuk di kelas X SMA. “Mulai tahun ini, pembagian jurusan dilakukan sejak duduk di kelas X. Jadi, pihak sekolah hanya diperkenankan melakukan tes peminatan, bukan tes PPDB periode kedua,” tegasnya.

Setelah melaksanakan PPDB, lanjut dia, pihak sekolah akan melaksanakan daftar ulang siswa yang lulus PPDB. “Data jumlah siswa yang diterima di masing-masing sekolah negeri diback up Disdikpora. Apabila jumlah siswa baru berubah dari data awal, berarti pihak sekolah telah memanipulasi data dan sangat jelas ini tindakan yang melanggar aturan,” ungkapnya.

Lukman menambahkan, pada hari pertama masuk sekolah 14 Juli mendatang, pihaknya akan menerjunkan tim untuk mengecek data jumlah siswa baru di masing-masing sekolah yang harus sesuia dengan kuota yang telah ditentukan. “Apabila ada perubahan data, kami akan meminta keterangan kepada pihak sekolah untuk dilakukan klarifikasi,” imbuhnya.

Sementar itu, Kepala SD Negeri 179, Maulina SPd MM menjelaskan, kemarin (7/7), pihaknya telah melakukan pengumuman kelulusan PPDB di sekolah. Dari 170 peserta yang mengikuti, yang diterima di SD Negeri 179 berjumlah 140 siswa. “Kami melaksanakan PPDB sesuai ketentuan dari Dinas Pendidikan. Siswa yang diterima sudah cukup dan seimbang dengan rombel,” kata Maulina.

Kepala SMA Negeri 5, Drs Budiono MSi mengatakan, tes yang dilakukan setelah seleksi PPDB hanya untuk tes peminatan, bukan tes periode kedua. “Jadi, tes peminatan tersebut untuk siswa baru memilih jurusan IPA atau IPS. Kami tidak akan menerima siswa lagi karena jumlah siswa yang diterima pada pelaksanaan PPDB sudah memenuhi kuota sekolah,” katanya. (cj4/war/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 8 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: