Blowout, Sumur Minyak Meledak


Blowout, Sumur Minyak Meledak | LEMABANG 2008 -- Berita, Photo, dan Wallpaper

MURATARAWarga Desa Belani, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara, gempar. Pasalnya, sumur minyak bor west 8 milik PT Serelaya Merangin Dua (SRMD) yang hanya berjarak sekitar 2,5 km dari desa tersebut kemarin (7/7), sekitar pukul 14.00 WIB meledak.

Informasi di lapangan mengatakan, ledakan disebabkan adanya gas liar (blowout) di lokasi pengeboran. Hingga pukul 18.00 WIB, api terus membesar. Begitu kejadian para pekerja pengeboran langsung dievakuasi. Sedangkan sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi ledakan pun diminta menjauh guna mengantisipasi kekhawatiran menjalarnya api akibat ledakan.

Aliagam, salah seorang warga sekitar mengatakan, di lokasi diduga tengah melaksanakan pengeboran yang sudah berlangsung sejak sebulan terakhir.

Sementara Humas SKK Migas, Rinaldy Norman, ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya peristiwa ledakan sumur bor milik PT SRMD yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. “Memang benar, sumur bor yang terdapat di ring I Desa Belani meledak dan sampai pukul 15.00 WIB kobaran api masih menyala,” ujarnya.

Rinaldy menambahkan, ledakan tersebut terjadi masih di lokasi sumur dan belum menyebar. “Saat ini api di lokasi sumur masih berkobar. Sumur yang meledak sendiri merupakan sumur pengembangan baru,” jelasnya.

Kepala Keamanan PT SRMD, Deki, mengakui kalau sumur bor west 8 milik PT SRMD di wilayah Desa Belani, Kecamatan Rawas Ilir, kemarin (7/7) sekitar pukul 14.00 WIB meledak. Namun, tidak menimbulkan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa. Seluruh karyawan saat ledakan menyelamatkan diri semua ketika peristiwa terjadi,” tegasnya. Selain itu, lokasi ledakan jauh dari permukiman penduduk dan memang ada beberapa rumah penduduk. Akibat ledakan itu semua yang ada di seputar sumur bor ludes terbakar.

Kapolres Mura, AKBP Chaidir menjelaskan dugaan sementara ledakan disebabkan adanya lowout yang terjadi saat proses pengeboran. Akibat blowout itu, terjadi ledakan hingga membakar seluruh peralatan di lokasi. “Kejadian diketahui tidak menimbulkan korban jiwa, namun menimbulkan ledakan. Ledakan semakin besar di saat menyambar tangki solar sehingga beberapa alat berat, kontainer yang ada di lokasi ikut hangus terbakar,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan termasuk SKK Migas. Dimana atas kejadian tersebut, pihak SKK Migas dan SRMD akan mengirim tiga staf ahli. “Besoknya. Bersama Pertamina dan Medco, mereka saling bantu. Termasuk perusahaan Haliburton akan mengirim tim ahli,” pungkasnya. (wek/vin/ce6)

Sumatera Ekspres, Selasa, 8 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: