Fondasi Jembatan Turun


Digerus Sungai Ruwos

Fondasi Jembatan Turun
Memprihatinkan: Fondasi jembatan rangka beton Sungai Ruwos di Desa Bendi, Kecamatan Buay Rawan kian memprihatinkan. Sejak tiga tahun terakhir, fondasi jembatan ini mulai miring diduga akibat digerus Sungai Ruwos

________________________________________

MUARADUAKondisi jembatan rangka beton Sungai Ruwos di Desa Bendi, Kecamatan Bauy Rawan, makin hari makin turun. Air Sungai Ruwos terus menggerus fondasi jembatan tersebut. Akibatnya, kondisi salah satu fondasi jembatan di ruas jalam provinsi itu miring dan nyaris ambruk.

Bila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan jembatan yang menjadi penghubung tiga kecamatan sekaligus ke kabupaten tetangga ini benar-benar ambruk. “Fondasi jembatan sudah turun sejak tiga tahun terakhir, dan diperparah setelah diterjang banjir Sungai Ruwos yang berhulu dari daerah Gubung Raya,” ujar Herman, warga yang tinggal di sekitar jembatan.

Dikatakan, setelah beberapa kali diterjang banjir, kini kondisi jembatan semakin turun, lebih dari 30 cm. “Penyebab lainnya yakni berpindahnya posisi sungai tepat di bagian fondasi membuat letak fondasi jembatan beton berada di tengah alur Sungai Ruwos. Jadi mau tak mau ketika air naik, air menggerus fondasi jembatan dan menyebabkan jembatan semakin turun,” jelasnya.

Dikatakan, ruas jalan ini merupakan penghubung vital bagi sejumlah kecamatan termasuk penghubung kabupaten tetangga dan Provinsi Lampung. “Jika tidak segera diperbaiki jembatan akan ambruk dan berdampak dengan arus lalu lintas di wilayah ini,” katanya.

Andika, warga lainnya mengatakan, kerusakan jembatan akibat tidak berfungsinya drainase. “Selain itu, banyaknya material tanah pasir dan kerikil yang dibawa air hujan juga makin membebani jembatan yang dibangun sejak tahun 1990-an ini,” katanya. (dwa/ce5)

Sumatera Ekspres, Senin, 7 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: