Dua Truk Indomaret Dirampok


Dua Truk Indomaret Dirampok

— Di Jalinsum Palembang–OKU

— Pelaku Kendarai Dua Minibus

BATURAJADua truk pendistribusian barang-barang minimarket Indomaret, dirampok di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Palembang–OKU, Sabtu malam (5/7). Para perampok yang mengendarai dua mobil jenis minibus membawa kabur dua truk Indomaret berikut brangkas berisi uang setoran.

Kejadian yang pertama, truk Indomaret yang disopiri Devri Suhendra, warga Lemabang, Palembang, dirampok di jalan longkar Prabumulih, Sabtu (5/7), sekitar pukul 19.00 WIB. Dia dalam perjalanan dari Baturaja menuju Palembang. Usai mengantar barang ke Baturaja, dia membawa uang Rp 60 juta.

Saat melintas di jalan lingkar Prabumulih, mobil truknya dipepet mobil Daihatsu Terios warna silver metalik dan Daihatsu Xenia warna gelap. “Mobil Terios menghadang di depan, Xenia di belakang. Saat saya buka pintu mobil, pelaku langsung memukul saya dengan pistol,” kenang Devry.

Dalam keadaan dianiaya dan todongan senjata api (senpi), Devry lalu diikat tangan dan kakinya, serta mulut dan matanya dilakban. Selanjutnya dia dimasukkan ke bagasi belakang mobil Terios, Devry dibuang pelaku di wilayah jalan lingkar cor beton, Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU.

“Saya tidak tahu mobil saya di mana. Saya dibuang pelaku di pinggir jalan. Saya mencoba melepas lakban di mulut dengan lidah, dibantu air hujan yang mengguyur. Saya teriak minta tolong, ada warga yang menolong saya,” jelasnya.

Namun sebelum dibuang pelaku, dalam perjalanan itu Devry sempat mendengar percakapan para pelaku yang menumpang mobil Terios. Mereka ada target satu mobil lagi, tak lama dari itu mobil Terios terguncang akibat bersenggolan dengan mobil lain. Kemudian, Devry yang masih berada di bagasi belakang Terios, mendengar suara tembakan.

Belakangan diketahui, satu mobil yang menjadi target itu, truk Indomaret lainnya yang disopiri Yuli Merwanto (40) warga Palembang. Ternyata usai merampok di jalan lingkar Prabumulih, pelaku putar balik arah menuju Baturaja, OKU. Sebab menurut keterangan Yuli, didirnya dihadang pelaku di Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim, sekitar pukul 22.00 WIB.

“Pelaku membawa dua mobil. Yang satu Terios silver, tiba-tiba mepet saya mengacungkan pistol dan menembak. Saya takut, langsung tancap gas. Kemudian, saya turun berlari ke hutan. Minta tolong dengan warga melapor ke polisi,” ujar Yuli, sembari menunjukkan luka di tangan terkena dahan saat lari di hutan.

Dia menambahkan, saat berlari, dirinya tak sempat mencabut kunci kontak mobil dan uang yang ada di brankas sebanyak Rp 73 juta. “Saya sudah panik. Sebelumnya, saya dari Batumarta mengantar barang akan balik ke Palembang. Saat dicegat perasaan gak enak. Makanya langsung saya tabrak saja, dan kabur,” jelasnya.

Sementara Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH, melalui Kapolsek Baturaja Barat Redi Cahyo mengatakan pihaknya telah memintai keterangan korban. “Kasusnya nanti akan dilimpahkan ke Prabumulih. Karena TKP-nya (tempat kejadian perkara, red) di sana,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Prabumulih AKBP Denny Yono Putro SIk, mengatakan, pihaknyatelah menerima informasi dari Polres OKU terkait kejadian tersebut. “Saaya sudah koordinasi dengan Kapolres OKU untuk pelapor atau korban diarahkan ke Polres Prabumulih mengingat locus delicti terjadi di Prabumulih,” ungkap Denny, tadi malam.

Ditambahkan Denny, hingga kini masih menunggu pihak korban melapor ke pihaknya. “Kami masih menunggu pihak korban untuk membuat laporan. Jadi bisa diketahui persis kejadian sebenarnya sehingga pengusutan kasusnya juga lbih mudah,” akunya. (gsm/air/kos/ce1)

Sumatera Ekspres, Senin, 7 Juli 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

