Grebek Pencuri Dapat Senpi


Grebek Pencuri Dapat Senpi PALEMBANGBerawal dari dugaan melakukan pencurian, namun saat digrebek dari kos yang ditempati Zulfandi (26) di Jalan OPI Raya VI, Lorong Tembesu, RT 45, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I ditemukan satu pucuk senjata api rakitan (senpira), Sabtu (10/6).

Selain Zulfandi, petugas Polsek SU I Palembang yang datang ke lokasi kejadian juga menggiring tiga pemuda lain yakni Fahri (27), Nuri (24), dan Suharsono (25) berikut temuan senjata api rakitan jenis revolver serta lima butir peluru untuk menjalani pemeriksaan.

“Pistol itu bukan punya saya, tapi titipan teman saya, Abu Nawas. Karena dia ada utang Rp 5 juta, tiga hari lagi mau dibayar. Pistol itu yang jadi jaminan,” ujar pria asal Desa Tanjung Lubuk, Kayuagung, Kabupaten OKI ini, kemarin.

Sejak senjata itu ditagannya, menurut Zulfandi hanya disimpan di atas atap rumah. “Melihat petugas PLN itu, saya kira polisi. Jadi saya naik ke atas dan malah disangka maling,” imbuhnya.

Sementara itu Benyamin (57) Ketua RT 45 menuturkan awal kejadian ada petugas PLN yang melakukan pemeriksaan. Pada saat bersamaan warga melihat salah satu pelaku naik ke atas atap rumah dan dikira pencuri.

“Warga yang ada di belakang tempat kos itu melihat ada yang naik atap rumah dan waktu ditangkap mereka masuk. Maka kami langsung menghubungi Polsek. Lalu saat digeledah ditemukan pistol dan mereka diamankan,” tuturnya.

Selain itu dirinya menyebutkan selama ini rumah yang digrebek warga tersebut disewa Zulfandi. Namun kerap kali menjadi tempat kumpul sejumlah pemuda dan tidak tahu aktivitas yang dilakukan.

Kapolsek SU I Kompol Hadiwijaya melalui Wakapolsek Iptu Sulis Pujiono membenarkan temuan tersebut dan kini pihaknya masih mendalami senjata api serta lima butir amunisi aktif yang diserahkan oleh warga.

“Kami masih melakukan pendalaman pemilik senjata api dan kegunaan itu, termasuk mencari keberadaan AN (DPO). Sedangkan empat penghuni kos yang kita amankan masih menjalani pemeriksaan intensif oleh petugas,” tandasnya.

Jika nanti dari hasil penyelidikan terbukti, Sulis menambahkan atas perbuatan tersebut pemilik senjata api ilegal ini bisa dijerat Undang-Undang Darurat No 12 tahun 1951, dengan ancaman hukumana 15 tahun penjara. (ris)

BERITA PAGI

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: