Normalisasi Sungai Bendung Terhambat


Normalsasi Sungai Bendung TerhambatTanggulangi Banjir: Ekskavator tengah melakukan pengerukkan di Sungai Bendung. Saat ini normalisasi sungai tersebut terhambat masalah pembebasan lahan dan faktor cuaca sehingga pemasangan blok beton sulit dilakukan. Hingga saat ini proyek baru rampung sekitar 45 persen.

_____________________________________________________

PALEMBANG — Proyek normakisasi Sungai Bendung di Kecamatan Kemuning terhambat masalah pembebasan lahan dan faktor cuaca. Hingga saat ini progresnya baru mencapai 45 persen dari target sepanjang 5,5 kilometer.

Masih banyak ditemukan kendala untuk perluasan dan pemasangan blok beton di Sungai Bendung,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu, Ir Sahril kepada koran ini belum lama ini. Itu karena disungai tersebut banyak terdapat sidementasi seperti lumpur dan material rumah tangga sehingga jika hujan turun aliran air sungai sulit mengalir dan terjadi banjir.

Nah, lanjut Sahril, normalisasi dilakukan dengan cara mengambil sampah dan mengeruk lumpur yang ada. Nantinya, sebanyak 2.500 blok beton dipasang di dasar Sungai Bendung agar air sungai saat hujan langsung mengalir ke Sungai Musi.

Tapi, sambung dia, cuaca yang tidak menentu membuat pihaknya kesulitan untuk meletakkan blok betan tersebut. “Peletakan blok beton harus saat sungai dalam keadaan kering. Sehingga kami harus memompa air sungai agar bisa kering dan blok beton bisa diletakan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap cuaca dalam beberapa waktu ke depan dapat bersahabat sehingga pihaknya bisa memasangkan bolk beton tersebut. Dikatakannya, dengan adanya pemeliharaan sungai tadi diharapkan sedikit bisa mengatasi masalah banjir di Metropolis. Khususnya di kawasan Kecamatan Kemuning. (cj7/via/ce2)

Sumatera Ekspres, Jumat, 2 Mei 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: