Tak Mungkin Pindah


Tertera Dalam RTRW, Musi IV Berpotensi Tertunda

Tak Mungkin Pindah
Pro Kontra: Inilah desain Jembatan Musi IV yang akan dibangun sebagai alternatif penghubung Seberang Ulu dan Sebarang Ilir selain Ampera.

_____________________________________________________

PALEMBANG — Aspirasi warga, yang tak ingin lahan dan tempat tinggalnya tergusur, tidak akan membuat lokasi pembangunan Jembatan Musi IV pindah. “Lokasi Musi IV ini sudah tertera dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Tentu sudah ada kajian mendalam sehingga lokasi tersebut dipilih,” ungkap SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Metropolis, Ahmad Truna Jaya, kemarin.

Ia berharap, masyarakat mau mengerti tujuan baik dari pembangunan jembatan ini. Tak sekedar menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir, jembatan alternatif selain Jembatan Ampera ini juga untuk mengurai kemacetan di atas Ampera yang kian parah.

Selain itu, jembatan ini juga akan memperpendek waktu tempuh sehingga menguntungkan secara ekonomi dan finansial. Multiplier effect-nya luar biasa. “Semua sudah melalui sebuah studi kelayakan. Karena itu, ditetapkanlah lokasi tersebut,” bebernya.

Tak hanya masyarakat, Truna juga berharap, semua stakeholders termasuk Pelindo, KSOP, dan pihak lain mendukung rencana pembangunan Jembatan Musi IV ini. Tentu sebuah kebanggaan kalau di Palembang bisa dibangun jembatan baru yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Kepala Dinas PU Bina Marga (PUBM) Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl SE MT mengatakan, pembangunan Jembatan Musi IV akan tetap dijalankan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Apalagi, dana untuk mewujudkan fisik jembatan ini juga sudah dianggarkan dalam APBN. “Tetap sesuai jadwal. Tahun ini akan dimulai pembangunannya dengan target selesai pada 2016 akhir atau selambat-lambatnya bisa dioperasionalkan awal 2017,” tegasnya.

Diwartakan sebelumnya, untuk Jembatan Musi IV ini diperlukan lahan seluas 4.395 hektare. Panjang jalan dan jembatan ini totalnya mencapai 1.708 meter (1,708 km). Jembatan akan menbhubungkan kawasan Seberang ilir, dari Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, tepatnya Jl Slamet Riady (perkantoran Dinas Tata Kota) ke kawasan Seberang Ulu di Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, tepatnya Jl A Yani. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Kamis, 1 Mei 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: