Biar Kinclong, Bersihkan Jalan


Biar Kinclong, Bersihkan Jalan
Seprot: Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Palembang membersihkan Jl Angkatan 45 yang kotor karena sisa tanah dari ban angkutan barang.

_____________________________________________________________

PALEMBANG — Truk angkutan barang yang melintas di jalanan utama Metropolis seringkali meninggalkan jejak kotor. Gerah dengan kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Palembang menurunkan tim ke lapangan. Dengan armada mobil tangki, tim ini melakukan pembersihan jalan agar kembali kinclong.

Ada dua jalan yang dibersihkan, kemarin, (28/4), yakni Jl Demang Lebar Daun dan Jl Angkatan 45. Kepala BPBDPK Palembang, Edison mengatakan, kegiatan bersih-bersih jalan ini adalah agenda rutin pihaknya. Bukan karena akan ada penilaian Adipura saja. “Malam ini (tadi malam, red) kami akan melakukan pembersihan di Jl POM IX dan Jl Merdeka,” bebernya.

Menurutnya, kedua jalan tersebut sangat kotor karena aktivitas angkutan barang yang membawa tanah, termasuk dari jejak truk molen. Sisa tanah di jalan dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Saat hujan, jalanan yang dikotori sisa tanah itu menjadi licin. “Harusnya ketika angkutan tersebut akan melintas di jalan raya, bannya dibrsihkan dahulu dan baknya ditutup rapi dengan terpal,” kata Edison.

Sebelumnya, BPBDPK Palembang telah melakukan pembersihan di beberapa ruas jalan protokol. Sebut saja Jl Veteran, Jl Jl Soekarno Hatta, Jl Kapten A Rivai, Jl Basuki Rahmat, Jl Kolonel H Barlian, Jl Jenderal Sudirman, dan beberapa ruas lainnya yang kotor.

“Jalan kotor juga akan merusak estetika dan tidak enak dilihat. Kami harapkan peran serta masyarakat. Tim terpadu juga akan rutin melakukan pengawasan dan razia terhadap angkutan barang yang mengotori jalan,” tukasnya. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 29 April 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: