180 Ribu Pelanggan Bakal Sulit Air


PLN Padam, Tiga Intake PDAM Mati

180 Ribu Pelanggan Bakal Sulit Air PALEMBANG — Terimbas dari rencana pemadaman listrik hari ini (30/4), sekitar 180 ribu pelanggan PDAM Tirta Musi bakal kesulitan air bersih. Padamnya listrik mengganggu operasional tiga intake air bersih, yakni intake Rambutan, intake Gandus, dan Karang Anyar.

Penyetopan distribusi air bersih bukan disangaja. “Kami baru mendapatkan informasi dari PLN tentang adanya rencana pemadaman berdasarkan surat No: 647/152/Plb/2014,” kata Direktur Operasional dan Pemasaran PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya, kemarin.

Diakui Andi, terganggunya tiga intake tersebut mengganggu suplai air bersih untuk 180 ribu pelanggan PDAM Tirta Musi. Secara otomatis, sumur intake akan kosong. Butuh beberapa jam untuk mengisinya kembali dan mengalirkan airnya ke water treatment plant (WTP). Jumlah yang terimbas dari pemadaman listrk ini hampir seluruh pelanggang di wilayah Seberang Ilir. Kecuali sekirat 24 ribu pelanggang di kawasan Sako yang disuplai air bersih dari ntake 3 Ilir dan pelanggan Seberang Ulu.

Pengisi intake yang kosong membutuhkan waktu 2-4 jam. Untuk pelanggan di daerah ujung pelayanan, distribusi air membutuhkan waktu lebih lama. “Kami berharap masyarakat, khususnya pelanggan PDAM, bisa maklum dengan kondisi ini dan mempersiapkan air bersih sebanyak yang dibutuhkan,” tutur Andi.

Humas PDAM Tirta Musi, Rosiana menambahkan, pelanggan yang terganggu suplai air bersihnya seperti di kawasan Tanjung Barangan, Soekarno Hatta, Sukasari, Lubuk Bakung, Tanjung Rawo, dan Parameswara. Selanjutnya, Jl Macan Lindungan, Talang Bubuk, Karya Baru, Hulubalang II, Kemang Manis, Padang Selasa, dan Demang Lebar Dan.

Lalu, pelanggan di wilayah Kecamatan Bukit Kecil, Gandus, Kemuning, Perumahan Poligon, serta sebagian Kecamatan Kalidoni, dan Sematang Borang. Diketahui, hari ini, PLN Area Palembang akan memadamkan listrik karena adanya pekerjaan pembersihan dan penanaman tiang untuk gardu sisipan.

“Pemadaman mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB atau sekitar enam jam,” ujar Manager PLN Area Palembang, Syarbani Sofyan. Daerah yang terkena pemadaman meiputi Jl Hisbullah, Gandus, Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara, Musi II, Kompleks Poligon, Bukit Baru, Jl Macan Lindungan, dan Tanjung Rawo.

Hari ini juga ada pekerjaan perubahan kontruksi eks PTM 20 kV untuk meningkatkan keandalan penyaluran listrik kepada pelanggan. Selama lima jam ada pemadaman terhadap pelanggan di wilayah Jl Merdeka dan sekitarnya, Jl Sutan Mansyur, Jl Tanjung Burung, kantor PDAM Rambutan, Jl Diponegoro dan sekitarnya, Jl Talang Semut, kantor Wali Kota dan sekitarnya.

Selama tujuh jam, PLN juga akan melakukan pekerjaan pemasangan tutup isolator untuk keandalan penyaluran listrik di kawasan Kertapati, Sungki. Sebagian pelanggan PLN di kawasan Jakabaring, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, hingga Kertapati dan kawasan Pemulutan akan terkena pemadaman. yun/tha/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 30 April 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: