Tertibkan Truk Pasir


Tertibkan Truk Pasir
Melanggar: Tiga kendaraan truk beriringan tanpa ditutup oleh terpal melintas di jalan Inderalaya–Palembang. Selain melanggar aturan, hal ini merugikan warga dan pengendara motor yang berada di belakangnya.

___________________________________________________

INDERALAYA — Maraknya kendaraan truk pengangkut pasir yang melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Inderalaya–Kayuagung dan Inderalaya–Palembang membuat warga geram. Sebab, truk yang mengangkut pasir tidak ditutup dengan terpal. Akibatnya, pasir sering berterbangan. Dampaknya, warga yang menggunakan sepeda motor ataupun pejalan kaki sering kelilipan oleh pasir, ketika berada di belakang truk.

“Kami minta pemerintah maupun aparat bertindak tegas terhadap truk yang seenaknya melintas di jalan umum, tanpa mau memperhatikan dampak yang ditimbulkan. Pasir berterbangan ke mana-mana,” ujar Rudiyanto, warga Desa Tanjung Sejaro, Kecamatan Inderalaya, kemarin (25/4).

Senada disampakan Reynaldy, warga Timbangan 32 Inderalaya yang mengaku, nyaris kecelakaan di Jalan Inderalaya–Palembang saat beriringan dengan truk pasir. “Mata sayatiba-tiba kelilipan oleh pasir. Hampir tidak bsa menguasai motor,” kata Reynaldy.

Sepengetahuannya, setiap truk terbuka yang beroperasi di jalan umum aturannya sudah jelas, harus ditutup dengan terpal atau sejenisnya. “Apalagi yang diangkut pasir. Wah, ini harus ditertibkan dan ditutup total agar pasirnya tidak beterbangan dan mengganggu pengguna jalan lainnya,” lanjutnya.

Terpisah, Kapolres Ogan Ilir, AKBP Asep Jajat Sudrajat melalui Plt Kasatlantas Polres OI, Iptu Zainalsyah membenarkan, setiap truk terbuka yang membawa atau mengangkut sesuatu harus dalam kondisi tertutup. Apalagi dalam bentuk galian C atau pasir. Jelas harus dalam kondisi tertutup. “Kami akan tertibkan kendaraan tersebut, kecuali kalau truk dalam keadaan kosong. Tidak apa-apa dalam kondisi terbuka, tapi bila membawa sesuatu harus ditutup,” tegasnya. (sid/lia/ce5)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 26 April 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: