Yakin Raih Adipura Kencana


Yakin Raih Adipura Kencana
Sidak Lagi: Wali Kota Palembang, H Romi Herton, mengoperasionalkan alat berat untuk merapikan gunungan sampah di TPA Sukawinatan, kemarin.

_____________________________________________________________

PALEMBANG — Demi meraih Adipura Kencana, penghargaan tertinggi dalam bidang kebersihan, Wali Kota Palembang, H Romi Herton, kembali melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke tempat pembungan akhir (TPA) di Sukawinatan, kemarin (24/4).

Selain meninjau pembenahan pengelolaan sampah di sana, Romi juga sempat menjajal alat berat. Ia mengatakan, pengelolaan sampah di TPA Sukawinatan harus optimal dan sempurna agar bisa meraih Adipura Kencana.

“Alhamdulillah, saat ini TPA Sukawinatan sudah sangat baik. Bahkan, sudah bisa dikatakan berskala internasional, kehendak Kementerian Lingkungan Hidup. Semua sudah kami lakukan,” katanya.

Ia menyebutkan, banyak faktor yang melatarbelakangi penilaian Adipura. Diantaranya, serapan air, tempat pengelolaan sampah yang ada, pemanfaatan sampah untuk pupuk organik bahkan menjadi gas dan listrik. “Kemarin waktu saya sidak, sampah banyak yang menumpuk seperti gunung. Sekarang sudah ditutupi dengan tanah sehingga tidak seperti tidak seperti tempat sampah yang kotor,” beber Romi.

Ditegaskannya, masyarakat Palembang boleh saja bertambah. Tapi, volume sampah perlu diatur dengan pengelolaan yang baik. “Dengan sampah, banyak uang yang akan dihasilkan. Tergantung bagaimana kita mengelolanya,” imbuhnya. Dengan berbagai perbaikan ini, dirinya optimis Palembang dapat meraih penghargaan Adipura Kencana.

Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Noegroho mengatakan, hasil penlaian 1 (P1) Adipura, Palembang masih merih nilai 7,3. Diharapkan, hasil P2, Palembang nilainya lebih dari 7,5. “Sehingga untuk P3, Palembang bisa meraih nlai 8, menjadi kota terbersih di Indonesia. Penataan kita sudah sangat baik, pengolahan sudah berjalan. Titik sampah juga sudah berkurang banyak,” tukasnya. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 25 April 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: