Sampah TPA Sukawinatan Melonjak


Sampah TPA Sukawinatan Melonjak
Kais Rezeki: Tampak seorang bocah mengais rezeki mencari barang bekas di tumpukan sampah yang menggunung di TPA Sukawinatan. Sejak penutupan sementara TPA Karya Jaya, sampah yang masuk ke TPA Sukawinatan meningkat.

_____________________________________________________________

PALEMBANG — Penutupan sementara tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Karya Jaya hingga batas waktu yang tak jelas, berdampak pada meningkatnya volume sampah yang masuk ke TPA Sukawinatan. Jika biasanya hanya 300-400 ton per bulan menjadi 500-600 ton per bulan.

“Sedangkan volume sampah tertinggi yang pernah diterima (di TPA Sukawinatan, red) sekitar 500 ton per bulan,” ujar Plt Kabid Pengelola TPA dan Limbah Sukawinatan, Asnawi SSos MSi, ditemui Koran Ini di ruang kerjanya, kemarin (24/4).

Namun, katanya, TPA Sukawinatan masih layak untuk menampung sampah dan tinja. Selain itu, akses jalan menuju TPA tersebut juga cukup baik bila dibandingkan dengan TPA Karya Jaya.

“Pipa untuk mengalirkan gas metanan di TPA Karya Jaya juga mungkin belum cukup maksimal sehngga jumlah sampah dialihkan ke sini (TPA Sukawinatan, red),” ungkapnya. Menurutnya, hingga saat ini pihaknya belum tahu kapan pengalihan pembuangan sampah ke TPA akan berlangsung.

Pasalnya, pihanya masih menunggu kapan akses jalan menuju TPA tersebut selesai diperbaiki. “Kami kurang tahu hingga kapan pengalihan TPA ini,” tegasnya. Nah, sejumlah kecamatan yang menjadi penyumbang sampah tertinggi yakni Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Ilir Timur (IT) I, dan Ilir Timur (IT) II. Karena di tiga kecamatan tersebut banyak terdapat pasar dan pertokoan. “Selain itu, banyaknya permukiman padat penduduk,” tukasnya. (cj7/vin/ce2)

Sumatera Ekspres, Jumat, 25 April 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: