Rumput Ancam Jembatan


Rumput Ancam Jembatan
Terancam: Jembatan Desa Cinta Jaya kondisinya saat ini terancam rumput kumpai seluas lapangan bola. Jika dibiarkan bisa jadi jembatan ini kembali ambruk.

_____________________________________________________________

KAYUAGUNG — Masih ingat jembatan besi penghubung Desa Cinta Jaya dan Desa Pedamaran 2, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI yang pernah ambruk 2008 lalu? Abruknya jembatan akibat ditumbuhi rumput jenis rumpai yang dihanyutkan arus sungai. Akibatnya, akses jalan jembatan lumpuh total selama bertahun-tahun. Bahkan, kerugian mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa serupa sepertinya bakal terulang kembali. Pasalnya, saat ini rumput kumpai kembali menerjang tiang jembatan. Bahkan, tumbuhan ini sudah tumbuh sekitar satu hektare lebih. Warga takut tiang kayu rumahnya ikut diterjang rumput hingga merobohkan rumah. “Kami dari semalam berjaga-jaga menjauhkan rumput kumpai yang hanyut dari muara Air Hitam, untuk mengantisipasi agar tidak menerjang tiang rumah kami,” kata Dedi Gom, salah seorang warga Pedamaran, kemarin (24/4).

Sedangkan warga Cinta Jaya, Zulkipli bersama warga lainnya membawa sejumlah peralatan untuk menebas dan menghanyutkan rumput-rumput tersebut. “Sudah beberapa minggu terakhir ini saya dan warga lainnya dibuat repot oleh kedatangan rumput kumpai yang hanyut. Ini terjadi akibat air pasang. Sehingga rumput yang selama ini tertambat, dihanyutkan oleh arus sungai hingga tersangkut ke tiang jembatan ini,” ujarnya di sela kegiatan. (hak/lia/ce5)

Sumatera Ekspres, Jumat, 25 April 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: