35 Armada Sampah Uzur


35 Armada Sampah Uzur
Butuh Peremajaan: Tampak bak-bak sampah tidak terpakai dibiarkan bertumpuk dan kena hujan panas.

_________________________________________________

PALEMBANG — Dari total 98 mobil sampah milik Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, 35 unit diantaranya sudah tidak layak operasional lantaran uzur. Rata-rata armada yang tua itu produksi tahun 1995.

“Sebenarnya sudah tidak lagi dioperasionalkan. Tapi, tetap kami fungsikan. Kalau disetop, khawatir sampah yang ada tidak terangkut secara maksimal,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dkk Palembang Syaril Taat.

Padahal, sebagian rusak, mulai dari mesin hingga bak truk yang keropos. Dengan begitu, jumlah armada yang ada saat ini masih cukup untuk mengangkut sampah dari 16 kecamatan di wilayah Palembang. Itu pun terbantu dengan adanya 13 unit motor sampah yang berkeliling tiap kecamatan.

“Kalau memang prlu armada baru, sebaiknya dlakukan penyulaman saja. Maksudnya, armada yang sudah uzur dan rusak berat ini diganti dengan yang baru,” tuturnya. Saat ini untuk pemeliharaan rutin (maintance) armada, dianggarkan Rp 2 miliar.

Dana itu untuk servis, pembelian spare part, ganti oli dan lainnya. “Setiap bulan biaya perawatan itu berubah-ubah, tergantung jenis kerusakan,” ulas Syahril. Saat ini, volume sampah per hari yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Sukawinatan 600-800 ton.

“Sebenarnya Palembang ada dua TPA. Namun, TPA Karyajaya tidak difungskan karena akses jalan menuju sana sedang rusak. Karenanya, pembuangan sampah ke sana disetop sementara karena kalau dipaksakan akan merusak armada,” ungkap dia.

Produk sampah terbanyak dihaslkan Kecamatan Seberang Ulu (SU) I dan Ilir Timur (IT) I. Jumlah sampah dari dua wilayah ini 10-15 persen dari total sampah yang masuk TPA. Itu karena Kecamatan SU I banyak pasar dan pemukiman padat penduduk. Sedangkan Kecamatan IT I, merupakan sentra bisnis dan banyak pertokoan. “Jenis sampah yang dihaslkan beragam, sampah kering hingga sayur-mayur,” beber Syahril. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 22 April 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: