Wako Buat Lubang Biopori


Wako Buat Lubang Biopori
Wali kota Palembang H Romi Herton membuat lubang biopori di Kambang Iwak, kemarin

__________________________________________________

PALEMBANG — Wali Kota Palembang H Romi Herton serius dalam melakukan penataan Kota Palembang. Berbagai konsep dilakukan demi mewujudkan Kota Palembang sesuai visi Palembang Emas. Salah satu untuk menata kota, dengan membuat lubang biopori di beberapa titik di wilayah Kota Palembang.

Kemarin (16/4) Wali Kota Palembang, H Romi Herton secara langsung membuat lubang biopori di kawasan Kambang Iwak. Lubang biopori ini berfungsi sebagai sebagai resapan air, dengan demikian dapat menghindari terjadinya genangan air di permukaan tanah. Lubang biopori dibuat di daerah drainase di dataran yang lebih tinggi, sehingga pada saat hujan turun dapat menyerap air dengan sempurna.

Romi mengungkapkan, pembuatan lubang biopori ini sebagai upaya peduli terhadap lingkungan. “Lingkungan harus tertata dengan baik, hal sekecil apapun harus kita lakukan demi mewujudkan lingkungan yang sehat, termasuk pembuatan lubang biopori ini,” ujar Romi.

Romi menambahkan, Kota Palembang saat ini menargetkan untuk mendapatkan penghargaan Adipura Kencana. “Jika Piala Adipura Kota Palembang sudah mendapatkan tujuh kali berturut-turut. Tapi untuk tahun ini, kita targetkan bukan hanya piala Adipura, tapi Adipura Kencana,” jelas Romi.

Untuk mendapatkan Adipura Kencana, lanjut dia, bukan hanya kebersihan yang dinilai, tapi mencakup kebersihan, keindahan, kerapian, dan kenyamanan. Romi menegaskan, Pemerintah Kota Palembang siap meraih penghargaan Adipura Kencana dengan kerja keras yang dilakukan.

Selain itu, Romi juga kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan yang berada di Sukabangun II.

Dalam sidak tersebut, Romi kembali mengecek kesiapan. Salah satunya, untuk menutup gundukan sampah yang terbuka agar tidak menimbulkan api (terbakar). Selain itu, dirinya pun memastikan jalan menuju TPA mulus tdak berlubang. Hal tersebut dikhawatirkan mempengahui penilaian adipura.

“Kalau kota bersih, maka kota itu sangat nyaman dan dapat manfaatnya, karenanya seluruh infrastruktur harus baik termasuk akses menuju TPA dan fasilitas umum seperti drainase, dan lain-lainnya” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Palembang, Ir HM Tabrani MM menjelaskan, lubang biopori dibuat di beberapa titik di wilayah Kota Palembang. Di antaranya di sepanjang Jalan Sudirman dan kawasan Kambang Iwak Palembang. (ika)

Palembang Pos, Kamis, 17 April 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: