Dua Tahun Pantau Banjir


Konsultan Korea Tinggal di Palembang

Dua Tahun Pantau Banjir
Harus Diselesaikan: Genangan air membanjiri jalanan usai hujan deras yang mengguyur Palembang, belum lama ini. Selain akan memengaruhi kontruksi jalan, genangan air ini juga mengganggu arus lalu lintas yang melalui beberapa titik genangan.

————————————————————

PALEMBANG — pemerintah kota (Pemkot) Palembang harus putar otak untuk mengatasi persoalan genangan air yang masih terjadi. Hingga saat ini masih belum ada cara jitu mengeliminasi permasalahan itu.

Dalam waktu dekat, Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM) dan Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Palembang akan membongkar drainase yang ada di kawasan Jl Veteran. “Banyak drainase yang tertutup permanen di sana,” kata Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang, Dharma Budi.

Katanya, telah disosialisasikan rencana tersebut kepada para pemilik ruko yang ada di kawasan tersebut. Sosialisasi penting karena pembongkaran pinggiran jalan itu akan berdampak terhadap lalu lintas di sana. “Karena banyak yang tertutup permanen, saluran airnya jadi tidak berfungsi secara optimal. Makanya, saat hujan, airnya meluber ke badan jalan,” tuturnya.

Rencana perbaikan tahap awal dimulai dari simpang Universitas Taman Siswa hingga jembatan sebelum simpang Jl Rajawali. Diakui Budi, permasalahan banjir yang mengancam Palembang cukup kompleks. Mulai dari sedimentasi saluran oleh sampah, kapasitas saluran dan fisik saluran air yang kurang memadai, arah saluran ke pembungan yang terlalu panjang dan berkelok-kelok, juga alih fungsi rawa sebagai tempat penampungan air hujan hingga masalah lainnya.

Mengatasi persoalan itu, dilakukan bertahap dan tidak bisa instan. Dinas PUBM dan PSDA Palembang mempunyai rencana jangka panjang. Salah satunya, pembuatan master plan drainase. Kali ini ada bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Master plan akan dibuat konsultan Korea, di bawah naungan Dohwa Engenering.

“Selama dua tahun konsultan itu akan berada di Palembang. Mereka akan menganalisis dan mengkaji permasalahan (kondisi existing) banjir, kemudian mencarikan solusinya,” ungkap dia.

Saat ini, ucap Budi, konsultan tersebut sedang menyurvei dan mengumpulkan data di lapangan terkait kondisi drainase di Palembang. Dinas PUBM dan PSDA hanya membantu dan menyiapkan kantor. “Hasil penelitian akan menjadi bahan acuan dan pedoman untuk mengatasi banjir, terutama berkaitan dengan drainase,” tuturnya.

Tahun ini juga, Dinas PUBM dan PSDA mengalokasikan Rp 34 miliar dana untuk pengerjaan pembangunan drainase. Total ada 80 paket pengerjaan yang tersebar di 16 kecamatan. Ada pembuatan drainase, juga pemeliharaan drainase. Paket pekerjaan drainase terbanyak di Kecamatan Sukarami dan Gandus. Dua kecamatan ini banyak memiliki rawa dan memang belum terlalu banyak drainase. “Mayoritas pengerjaan drainase merupakan paket lanjutan pembangunan tahun lalu yang belum tuntas,” imbuhnya.

Sebelum ini, pemkot sebenarnya telah memiliki master plan drainase yang dibuat konsultan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Master plan tersebut yang kini diterapkan Dinas PUBM dan PSDA Palembang dalam mengantisipasi banjir. Dengan nanti ada dua master plan penangan banjir, akan diambil satu yang terbaik.

“Tentu saja disesuaikan dengan kondisi keuangan pemkot,” ujar Budi. Selama ini, penangan banjir belum maksimal karena pengerjaan drainase dilakukan bertahap. “Membuat drainase 100 meter saja baru selesai beberapa tahun,” sebutnya.

Selain drainase, kata Budi, pihaknya juga merencanakan melakukan normalisasi alur Sungai Musi, pengerukan berkoordinasi dengan pihak terkait. Lalu membuat gorong-gorong (box culvert), pembuatan kantong penampungan lumpur, interkoneksi saluran, pembuatan pintu air di beberapa sungai, kolam retensi, jalan inpeksi, pengadaan pompa, dan lainnya. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 14 April 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: