Tidak Tutup Total


Pengalihan Arus Dinamis, Sesuai Pekerjaan

Tidak Tutup Total
Simulasi: Suasana arus lalu lintas dengan adanya pembagian jalur dari simpang Patal menuju Pusri, kemarin. Bagian tengah jalan yang ditutupi seng akan mulai dilakukan pembangunan dinding underpass.

———————————————————————-

PALEMBANG — Sosialisasi pengalihan jalur di kawasan simpang Patal terkait pengerjaan underpass, kemarin (3/4) berjalan lancar.

Pekerjaan proyek underpass dari PT Waskita Karya bersama Dishub dan Satlantas Polresta Palembang menggeser sedikit lampu lalu lintas (traffic light) dari posisi awal.

“Simulasi pengalihan jalur ini sehubungan dengan akan mulainya pengerjaan utama dinding underpass. Traffic light masih tetap berfungsi, hanya digeser saja,” kata Kasatlantas Polresta Palembang, Kompol Arif Fitrianto SIk.

Kendaraan berat dari arah Novotel tetap melintasi jalan existing. Sedangkan kendaraan kecil bisa ke jalur atau jalur baru. Arif hanya meminta agar jalan baru (hasil pelebaran) di bagian pinggir jalan-jalan existing harus siap.

Ia menegaskan, pengerjaan dinding underpass tidak akan terlalu mengganggu arus lalu lintas. “Tidak ada penutupan total, hanya pengalihan arus saja. Gunakan jalur alternatif, nikmati proses pembangunan ini, dan antre dengan sabar,” imbuh Arif.

Dalam simulasi kemarin, 10 polantas dikerahkan ke lapangan. Ada empat personel yang akan stanby 24 jam di sana. Kalau kurang, Arif akan menambah jumlah personel lagi.

“Kami dukung Polresta, sama-sama menjalankan rekayasa lalu lintas. Memang tersendat (arus kendaraan), tapi tidak stagnan. Namanya proyek pembangunan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Transportasi, Jalan dan Rel, Dishub Palembang, Agus Supriyanto.

Ia meminta pengguna jalan di sana untuk mengurangi intensitas melintasi kawasan simpang Patal ini dan memilih menggunakan jalur alternatif lain. “Pengalihan jalur ini akan berlangsung hingga selesainya proyek ini. Sifatnya dinamis, akan bergeser sesuai dengan posisi pengerjaan di lapangan,” beber Agus.

Lina, Deputi KS Waskita Ricky Kencana menegaskan, tidak ada penutupan total kawasan simpang Patal. Saat ini dari arah Pusri ke simpang Patal dijadikan dua jalur. Satu jalur lama untuk kendaraan berat. Sedangkan jalur baru (hasil pelebaran) untuk kendaraan ringan.

“Sejauh ini, dari Pusri ke Patal belum ada pengalihan arus. Baru di pagar-pagar pembatas dan rambu penunjuk,” tukasnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kota Metropolitan Palembang BBPJN wilayah III, Ahmad Truna Jaya mengatakan, pengerjaan underpass memang mulai masuk tahap utama. Menyusul pelebaran jalan berupa pembangunan box culvert arah Puri–Novotel, kini di sana sudah dua jalur.

Pelebaran dari arah Kenten–Pusri pun sudah dilakukan. “Jadi tinggal menggeser traffic light di tengah jalan. Setelah itu, bagian tengah akan ditutup untuk meletakkan alat dan pengeboran ke bawah,” bebernya.

Kemarin, ada pemindahan utilitas milik PLN. Truna kembali mengingatkan pembebasan lahan yang belum rampung. “Pengerjaan underpass tidak bisa maksimal kalau pembebasan lahan belum selesai,” tukasnya. (rip/yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 4 April 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: